STRATEGI PEMASARAN PRODUK PG KREBET BARU BULULAWANG MALANG
Abstract
Marketing strategy is one way in which companies that produce goods and services can gain a sustainable competitive advantage. Another reason why marketing strategies are important is the increasingly fierce competition between companies in general. The aim of this research is to obtain an overview of marketing strategies to increase competitiveness and to determine the extent to which the implementation of marketing strategies has been effective. The research was conducted at PG Krebet Bululawang Malang. Data collection methods through documents, interviews and observations, descriptive research type. The results of this research show that there is an increase in competitiveness from year to year and will be used as a reference for the effectiveness of marketing strategies in competition between sugar companies.
Keywords: Strategy, Marketing and Competition
Abstrak : Strategi pemasaran adalah salah satu cara di mana perusahaan yang memproduksi barang dan jasa dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Alasan lain pentingnya strategi pemasaran adalah persaingan yang semakin ketat di antara perusahaan-perusahaan pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing dan untuk mengetahui sejauh mana penerapan strategi pemasaran yang dilakukan sudah efektif. Penelitian dilakukan di PG Krebet Bululawang Malang. Metode pengumpulan data melalui dokumen, wawancara dan observasi, jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan daya saing dari tahun ke tahun akan digunakan sebagai acuan efektivitas strategi pemasaran dalam persaingan antar perusahaan gula.
Kata kunci: Strategi, Pemasaran, dan Persaingan
References
Agus Herwandi “Komunikasi Pemasaran” (Jakarta : Erlangga, 2012).
Gustyanita Pratiwi “Strategi pemasaran” https://swa.co.id/swa/business-strategy/rni-terapkan-4-strategi-manajemen-baru
Kasmir “Manajemen Perbankan” (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2015).
Kasmir “Manajemen Perbankan” (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2015).
Kasmir “Pemasaran Bank” ed. 1 .Cet 2, ( Jakarta: Kencana, 2005).
Kholida qothrunnada “Pengertian Strategi Pemasaran: Tujuan, Fungsi, Elemen, dan Contohnya" https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6011378/
- Dayat, “Srtategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan”, Jurnal Mu’allim, Volume 1 Nomer 2 (juli 2019).
Philip Kotler, Gary Amstrong “Prinsip-Prinsip Pemasaran” (Jakarta : Erlangga, 2008).
Profil PG Krebet dalam http://zalbutrule.blogspot.com/2012/06/observasi-lapangan-di-pt-pg-rajawali.html?m=1
Fauji, D. A. S., PuspasariI, I. D., Aisyah, E. N., Rahadjeng, E. R., Saptaria, L., Rahman, F., Nurjannah, D., Mahmud, Subhan, E. S., Arisman, & Utami, B. (2021). Analisis Data Penelitian Manajemen: Studi Fokus Analisis Kualitatif. In Fakultas Ekonomi Universitas Nusantra PGRI Kediri. http://repository.unpkediri.ac.id/4307/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/4307/1/Analisis Data Penelitian Manajemen Studi Fokus Analisis Kualitatif.pdf
Junaedi, J., Darmawan, D., Thamrin, S., & Sudardi, S. (2022). Kinerja pabrik gula di Provinsi Sulawesi Selatan. Agrokompleks, 22(2), 25–31. https://doi.org/10.51978/japp.v22i2.438
Pratiwi, T. D., Wibowo, E. P., & Wibowo, H. (2018). Daya Saing Usahatani Tebu terhadap Komoditas Eksisting di Wilayah Kerja Pabrik Gula Wonolangan Kabupaten Probolinggo Tahun 2018. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture, 33(1), 57. https://doi.org/10.20961/carakatani.v33i1.19562
Rahman, F. (2022). Manajemen Pemasaran Syariah Konsep Dasar, E-Marketing, Dan Strategi. In CV. Literasi Nusantara Abadi (Vol. 1, Issue 1).