PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL MELALUI MEDIA DIGITAL
Abstract
The influence of rapid technological development is felt in various sectors, including in the economic and lifestyle fields. Changes in people's lifestyles occur along with technological advances, where many people turn to make transactions and purchase necessities online. Online product purchases can now be made through various digital platforms such as Instagram, Whatsapp, Facebook, TikTok, and others. Currently, skin health and beauty products (Skincare) are an increasing trend, especially with promotions through advertisements and interesting content on digital platforms. This attracts many consumers to purchase Skincare products online. As a result, there is a change in consumer behavior in the process of purchasing products, and several problems arise in society related to this. This research uses descriptive qualitative research methods with data collection techniques that combine various sources, and data analysis is inductive. The results showed that consumers in purchasing decisions for skincare products through digital platforms can be identified through five main indicators, namely problem identification, data search, choice assessment, purchase of choice results, and post-purchase behavior.
Keywords: Consumer behavior, purchasing descisions, digital media platform.
Abstrak: Dampak pesatnya kemajuan teknologi terasa di berbagai sektor, termasuk ekonomi dan gaya hidup. Perubahan gaya hidup masyarakat terjadi seiring dengan perkembangan teknologi, di mana banyak orang beralih ke transaksi dan pembelian barang secara online. Sekarang, pembelian produk secara online dapat dilakukan melalui platform digital seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, TikTok, dan lainnya. Saat ini, Skincare menjadi tren yang sedang naik daun, terutama karena adanya promosi melalui iklan dan konten menarik di platform digital. Ini menarik minat banyak konsumen untuk membeli produk Skincare secara online. Dampaknya, perilaku konsumen dalam proses pembelian mengalami perubahan, dan muncul beberapa masalah terkait hal ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang menggabungkan berbagai sumber, dan analisis data bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen dalam keputusan pembelian produk Skincare melalui platform digital dapat diidentifikasi melalui lima indikator utama, yaitu identifikasi masalah, pencarian informasi, penilaian pilihan, pembelian produk pilihan, dan perilaku setelah pembelian.
Kata kunci : Perilaku konsumen, keputusan pembelian, media platform digital
Alfisyahr, Muhammad. (2020). Pengaruh Digital Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Makanan dan Minuman di Masa Pandemi. Undergraduate thesis. Universitas Pembangunan Jaya.
Daniel, Moehar. (2002). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta : Bumi Aksara
Dewi, C. C. P. (2022). Penerapan Pencatatan Akuntansi Persediaan Barang Dagang Berdasarkan PSAK No. 14 Pada Toko Online Shop CUTIESTORE. CO. Sinomika Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(2), 145-152.
Gebreel, O. S. S., & Shuayb, A. (2022). Contribution of Social Media Platforms in Tourism
Promotion. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (Sinomics Journal), 1(2), 189-198.
Hartanto., Ignatius S., Yuwono., Andra R. & Ananda., Roland. (2021). “Fenomena Perilaku
dan Sikap Belanja Offline Dan Online Shopping Pada Masyarakat Millenial di Jakarta.” Jurnal Seni & Reka Rancang , 10(2), 173-188.
Iskandar, E. Z., & Alam, I. A. (2022). Pengembangan Usaha Kuliner Pada Masa Pandemi
Covid-19 di Fudgy Brownies Lampung. Sinomika Journal: Publikasi Ilmiah Bidang
Ekonomi dan Akuntansi, 1(1), 61-68.
Khoziyah., Siti & Lubis., Evawani E. (2021).“Pengaruh Digital Marketing Terhadap
Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection.”Jurnal
Ilmu Komunikasi , 10(1), 39-50. Moleong, Metodologi Penelitian., 175-17
Lawrencce, N.W. (2013) Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi 7. Indeks: Jakarta.
Lestari., Putri & Saifuddin., Muchammad. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid'19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), ISSN 2685-4716.