FINANCING MANAGEMENT IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATIONAL INFRASTRUCTURE

Authors

  • Muhammad Irfan Fauzi Universitas KH Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi
  • Fery Wage Andriawan Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung Banyuwangi

Abstract

Abstract: Increasing infrastructure and repairing existing infrastructure requires several steps in financial management through school budget planning, school financial accounting, and school financial accountability. This is very important because these improvements are expected to improve the quality of the school both from academic and non-academic aspects. The aim of this research is to analyze the process of preparing budgets to improve the quality of infrastructure to support the teaching and learning process so that educational goals are achieved appropriately and optimally. This research uses a qualitative research method or approach, describing and analyzing data. The data collection techniques used were 1. Participant observation, 2. In-depth interviews, and 3. Documentation study. In this research the researcher focused on financial management in improving infrastructure at Darussalam Blokagung Banyuwangi High School. Infrastructure includes parks, buildings, halls, gardens, classrooms, tables, chairs, learning media, etc. Budgeting (financial planning) is based on the findings of four plans used for budgeting for the Darussalam Blokagung Banyuwangi High School. These include, among others, the School Revenue and Expenditure Budget Plan (RAPBS), School Budget Activity Plan (RKAS), Long Term Activity Plan (RKJP) and Medium Term Activity Plan (RKJM).

Keywords: Management, Financing, Infrastructure

 

Abstrak: Peningkatan infrastruktur dan perbaikan infrastruktur yang ada memerlukan beberapa langkah dalam pengelolaan keuangan melalui perencanaan anggaran sekolah, akuntansi keuangan sekolah, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah. Hal ini sangat penting karena perbaikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu sekolah baik dari aspek akademik maupun non akademik. Tujuannya dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis proses penyusunan anggaaran dalam meningkatkan kualitas sarana prasana guna menunjang proses belajar mengajar agar tujuan pendidikan tercapai secara tepat dan optimal. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan penelitian kualitatif, mendeskripsikan dan menganalisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan, 1. Observasi partisipan, 2. Wawancara mendalam, dan 3. Studi dokumentasi.. Dalam penelitian ini peneliti fokus pada pengelolaan keuangan dalam meningkatkan sarana prasana di Sekolah Menengah Atas Darussalam Blokagung Banyuwangi. Sarana prasarana meliputi taman, gedung, aula, kebun, ruang kelas, meja, kursi, media pembelajaran, dan lain-lain. Penganggaran (perencanaan keuangan) didasarkan pada temuan empat rencana yang digunakan untuk penganggaran Sekolah Menengah Atas Darussalam Blokagung Banyuwangi. Antara lain, Rencana Anggaran Belanja Pendapatan Sekolah (RAPBS), Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), Rencana Kegiatan Jangka Panjang (RKJP) dan Rencana Kegiatan Jangka Menengah (RKJM).

Kata kunci : Manajemen, Pembiayaan, Sarana Prasarana

 

References

Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.

Asnawir dan usman, basyiruddin. 2002Media Pembelajaran,. Jakarta: Ciputat Press

Binsa, U. H. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Pelangi Anak Negri Yogyakarta. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Widina Bhakti Persada.  Rosnaeni. 2019. “Manajemen Sarana dan Prasarana”. Jurnal Inspiratif Pendidikan. Volume VIII. Nomor 1, Januari.

Jamaluddin Iskandar, “Implementasi Sistem Manajemen Keuangan Pendidikan,” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (June 30, 2019): 114– 23,

https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V3I1.8133

Latifah, Eri Purwanti, and Nurhadi Kusuma. “Peran Manajemen Keuangan Dalam Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Mts Negeri 2 Pringsewu Kecamatan Banyumas.” Al Idarah 2, no. 1 (2017): 9–14

Larasati, D., & Hariyati, N. (2022). Manajemen Sarana Pembelajaran sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 156–167.

Maman, U., Trisnamansyah, S., & Sulastini, R. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan yang Bersumber dari Masyarakat untuk Meningkatkan Kinerja Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung Barat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 444–451. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.426

Manurung, R., Harahap, E., Tahrun, T., & Suharyadi, A. (2020). Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 168–177. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747

Murod, M. (2022). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Smp Plus Al-Kautsar Malang. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 13–31. https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i1.849

Munawaroh, Safinatun, and Rz. Ricky Satria Wiranata. “Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Melalui Manajemen Sarana Prasarana Di SMP Muhammadiyah Boarding School Pleret.” ÁL- FÂHIM|Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2020): 85–98

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Nora, Silvia, Almasdi Syahza, and Zulfan Saam. “Pelaksanaan Manajemen Keuangan Dalam Rangka Meningkatkan Efektivitas Penggunaan Anggaran Di Jenjang Pendidikan Dasar Yayasan Pendidikan Cendana Riau.” Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif 1, no. 2 (2017): 96–106. https://jmppk.ejournal.unri.ac.id/index.php/JMPPK/article/viewFile/502 1/4714

Pusvitasari, Rita, and Mukhamad Sukur. “Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo).” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2020): 94–106. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al- tanzim/article/view/959/pdf

Binsa, Ucik Hidayh. “Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Pelangi Anak Negri Yogyakarta.” Children Advisory Research and Education Jurnal CARE 8, no. 2 (2021): 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD.

Larasati, Dewi, and Nunuk Hariyati. “Manajemen Sarana Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10, no. 1 (2022): 156–67.

Maman, Ujang, Sutaryat Trisnamansyah, and Rita Sulastini. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Yang Bersumber Dari Masyarakat Untuk Meningkatkan Kinerja Madrasah Aliyah Di Kabupaten Bandung Barat.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2022): 444–51. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.426.

Manurung, Restika, Edi Harahap, Tahrun Tahrun, and Aris Suharyadi. “Manajemen Sarana Prasarana Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih.” Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan 2, no. 2 (2020): 168–77. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.33747.

Murod, Mohammad. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Smp Plus Al-Kautsar Malang.” Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 13–31. https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i1.849.

Setiyadi, Bradley. “Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Prasarana Di SDN 77 / VIII Tirta Kencana” 6, no. September (2023): 6541–44. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2792.

Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 19th ed. alfabeta, 2013.

Syech, M Husyem Hidayatus. “Manajemen Sarana Prasarana Dalam Mendukung Mutu Pendidikan Di Mts Roudlotul Ulum Kabupaten Malang Mengembangkan Potensi Dirinya Untuk Memiliki Kekuatan Spiritual Keagamaan , Istilah Manajemen Dapat Didefinisik” 1, no. 4 (2022): 336–47. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i4.823.

 

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Muhammad Irfan Fauzi, & Fery Wage Andriawan. (2024). FINANCING MANAGEMENT IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATIONAL INFRASTRUCTURE. ICO EDUSHA, 4(1), 211–227. Retrieved from http://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/452