PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, RELIGIUSITAS DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA BANYUWANGI

Authors

  • Mira Ustanti Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Nawal Ika Susanti Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Reva Dwi Melania Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi

Abstract

Indonesia is one of the countries with a majority Muslim population in the world. With this potential, there should be very wide opportunities for interest in saving in sharia banking. However, the reality shows that the conventional banking sector has a more dominant market share compared to sharia banking. Therefore, the aim of this research is to determine the influence of Service Quality (X1), Religiosity (X2) and Profit Sharing (X3) partially or simultaneously on Interest in Saving (Y) at Bank Syariah Indonesia Banyuwangi. This research is quantitative research with primary data obtained from the results of distributing questionnaires to 40 people who save at Bank Syariah Indonesia. The sampling technique uses Simple Random Sampling. The results of the t test show that Service Quality (X1), Religiosity (X2) and Profit Sharing (X3) partially have a significant effect on interest in saving at BSI Banyuwangi, with a significance value of 0.02; 0.03; 0.02<0.05. The results of the F test show that service (X1), religiosity (X2), and profit sharing (X3) simultaneously influence interest in saving at BSI Banyuwangi with a significance value of 0.00<0.05. The Determination Coefficient value of 0.929 indicates that 92.9% of interest in saving is influenced by these three independent variables.

Keywords: Service, Religiosity, Profit Sharing, Interest in Saving and Sharia Banking

Abstrak: Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam di dunia. Seharusnya, dengan potensi demikian minat menabung di perbankan syariah peluangnya sangat luas. Namun, realitanya menunjukkan bahwa sektor perbankan konvensional memiliki pangsa pasar yang lebih dominan dibandingkan dengan perbankan syariah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan (X1), Religiusitas (X2) dan Bagi Hasil (X3) secara parsial maupun simultan terhadap Minat Menabung (Y) pada Bank Syariah Indonesia Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner kepada 40 orang yang menabung di Bank Syariah Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Hasil uji t menunjukkan Kualitas Pelayanan (X1), Religiusitas (X2) dan Bagi Hasil (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di BSI Banyuwangi, dengan nilai signifikansi 0,02; 0,03; 0,02<0,05. Hasil uji F diketahui secara simultan Kualitas Pelayanan (X1), Religiusitas (X2), dan Bagi Hasil (X3) berpengaruh terhadap Minat Menabung di BSI Banyuwangi dengan nilai signifikansi 0,00<0,05. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,929 menunjukkan bahwa 92,9% minat menabung dipengaruhi oleh ketiga variabel independen tersebut.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Religiusitas, Bagi Hasil, Minat Menabung dan Bank Syariah

 

Abdul,H. (2018) Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 138-142

Akhmad, D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Jateng Syariah, Jurnal Fokus Bisnis, 44-46

Annisa. L., dkk (2021). Analisis Faktor Pendorong Minat Nasabah Dalam Memilih Tabungan Haji Di Bank Syariah Mandirikantor Cabang Aceh. J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam) Vol. 6

Astuti, I. R., dkk. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah Surakarta. BIEJ: Business Innovation & Entrepreneurship Journal. Vol. 2 (3), 167-172

Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksar, Hlm 16-17.

Muhammad. (2012).  “Kebijakan Fiskal dan Moneter dalam Ekonomi Islam.” Jakarta: Salemba empat

Mujaddid. F. & Pandu Tezar Adi Nugroho (2019). Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan Dan Religiusitas Terhadap Minat Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 10 (1). 14-37

Nisak,  Arifatun,  Saryadi  dan  Sri  Suryoko. (2012). Pengaruh  Kelompok  Acuan dan  Pengetahuan Tentang Perbankan  Syari’ah  Terhadap  Minat  Menabung  di  Perbankan  Syari’ah Semarang. ejournal-s1.undip.ac.id

Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Roni, A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah.  Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan. 43-46

Roni, A. (2019). Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri Muara Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 14–36

Shiliha. E. (2022). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Islam (Bsi) Cabang Lahat. MOTIVASI Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 7 (1)

Sugiyono. (2016).  Metodologi Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Mira Ustanti, Nawal Ika Susanti, & Reva Dwi Melania. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, RELIGIUSITAS DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA BANYUWANGI. ICO EDUSHA, 4(1), 261–282. Retrieved from http://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/463