KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
Abstract
This research was conducted at MA Darussalam Puncak which had research objectives: (1) Analyzing the leadership style of the school principal, (2) Analyzing teacher performance, (3) Analyzing the principal's efforts, (4) Analyzing the principal's obstacles in improving teacher performance at MA Darussalam Puncak. This research uses qualitative methods while data collection techniques are carried out using interviews, observation and documentation. Data analysis includes data reduction, data presentation and drawing conclusions or verification. Validity checking is carried out using a triangulation system. The research informants were the school principal and subject teachers. The research results show that school principals predominantly apply a transformational leadership style, this style is able to improve teacher performance, the efforts made by school principals are to improve teacher performance by coordinating meetings, providing direction and guidance in carrying out their duties. Meanwhile, the obstacles faced are the lack of inadequate school facilities and infrastructure.
Keywords: Leadership, Principal, Teacher Performance
ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan di MA Darussalam Puncak yang memiliki tujuan penelitian: (1) Menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah, (2) Menganalisis kinerja guru, (3) Menganalisis upaya kepala sekolah, (4) Menganalisis hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MA Darussalam Puncak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan sistem triangulasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah dan guru pengampu mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dominan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional, gaya ini mampu meningkatkan kinerja guru, upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan rapat koordinasi, memberi arahan dan bimbingan dalam melaksanakan tugasnya. Sementara hambatan yang dihadapi, minimnya fasilitas sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai.
Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
References
Fitria, H., & Ahyani, N. (2023). The Influence of Principal’ s Leadership and Professional Teacher’ s Competence on Teacher’ s Performance. 8(2), 756–767.
Ii, B. A. B., Teori, A. D., & Guru, K. (n.d.). Muhammad Ardansyah, “Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru MAN Tanjung Morawa,” 3. 11. 11–47.
Kompensasi, P., Ariesa, Y., Kamal, J., Emmanuel, A., Hayati, R., Arafat, Y., Sari, A. P., Ahmad, S., Utari, A. S., Puspita, Y., Imansyah, M., Arafat, Y., Wardiah, D., Yulianti, E., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2020). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 5(2).
Manajemen, J. (2017). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 2(1), 97–105.
MULYADI. (2016). penelitian. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK.
Pascasarjana, P., & Palembang, U. P. (2021a). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 6(1).
Pascasarjana, P., & Palembang, U. P. (2021b). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 6(1).
Setiawan, Lian, dkk. “The Effect of Principal’s Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance”. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 1 , 2 , 2 1. (2022). 7(2), 809–818.