MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • M. Zuhri Mahendra Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Siti Nur Azizah Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Gunawan Syaputra Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi

Abstract

ABSTRAK

Mutu dapat diartikan sebagai derajat kepuasan luar biasa yang di terima oleh costumer sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Mutu dalam pendidikan dianggap penting karena untuk menjamin kualitas input, proses, output, dan outcome sekolah sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas lembaga pendidikan. Untuk dapat mencapai konsistensi lembaga dalam seluruh proses, sehingga kualitas hasilnya juga konsisten maka diperlukannya Manajemen Mutu Pendidikan. Penelitian ini dilakukan di MA AL-Amiriyyah yang memiliki tujuan penelitian: (1) Menganalisis Hakikat Manajemen Mutu Pendidikan Di MA Al-Amiriyyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan sistem triangulasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah dan guru pengampu mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen Mutu di MA Al-Amiriyyah telah berjalan mulai tahun 2021 dengan perencanaan yang dituangkan dalam visi dan misi penyelenggaraan pendidikan di MA Al-Amiriyyah. Proses pengorganisasian manajemen peningkatan mutu pendidikan di MA Al-Amiriyyah terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) Perincian seluruh kegiatan, (2) Pembagian beban pekerjaan, (3) pengembangan dan mekanisme kerja. Pelaksanaan yang dilakukan oleh Bapak kepala sekolah sebagai pimpinan intruksional sedangkan pendidik sebagai pimpinan dalam proses pembelajaran meliputi beberapa tahapan antara lain: (1) menyusun kerangka waktu dan biaya (2) melaksanakan rencana dan pengambilan keputusan serta kebijakan yang telah ditetapkan, (3) memberikan instruksi atau arahan, (4) membimbing, memotivasi dan melakukan supervisi oleh Bapak kepala sekolah terhadap guru. Dalam hal pengawasan terhadap pelaksanaan manajemen peningkatan mutu pendidikan, semuanya saling mengawasi antara pekerjaan personil yang satu dengan personil yang lainnya dalam organisasi sekolah. Akan tetapi secara struktural pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah.

 

Kata kunci: Manajemen, Mutu Pendidikan

 

 

ABSTRACT

Quality can be interpreted as the degree of extraordinary satisfaction received by customers in accordance with their needs and desires. Quality in education is considered important because it ensures the quality of school input, processes, output and outcomes so that it can increase the accountability of educational institutions. To be able to achieve institutional consistency in the entire process, so that the quality of the results is also consistent, Education Quality Management is needed. This research was conducted at MA AL-Amiriyyah with the research objectives: (1) Analyzing the Nature of Education Quality Management at MA Al-Amiriyyah. This research uses qualitative methods while data collection techniques are carried out using interviews, observation and documentation. Data analysis includes data reduction, data presentation and drawing conclusions or verification. Validity checking is carried out using a triangulation system. The research informants were the school principal and subject teachers. The research results show that: Quality Management at MA Al-Amiriyyah has been running starting in 2021 with planning outlined in the vision and mission of providing education at MA Al-Amiriyyah. The process of organizing management to improve the quality of education at MA Al-Amiriyyah consists of three stages, namely: (1) Detailing of all activities, (2) Distribution of work load, (3) development and work mechanisms. The implementation carried out by the principal as the instructional leader while the educator as the leader in the learning process includes several stages, including: (1) preparing the time frame and costs (2) implementing plans and making decisions and policies that have been determined, (3) providing instructions or direction, (4) guiding, motivating and supervising teachers by the school principal. In terms of supervision over the implementation of management to improve the quality of education, everyone mutually supervises the work of one personnel and other personnel in the school organization. However, structurally supervision is carried out by the school principal.

 

Keywords: Management, Education Quality

  1. DAFTAR PUSTAKA

Arikunto. Suharsimi, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktisb Bagi Praktisi Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004).

Admodiwirio. Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta: PT. Ardadizya Jaya, 2000).

Daft. Irchard L, Management, (United Stated of America: Harcourt College Publishers, 1997).

Danim. Sudarwan, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan Cet. 1, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2003).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.3, (Jakarta: Balai Pustaka, 2001).

Departemen Pendidikan Nasional RI, Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Sekolah,(Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2002).

Drost, SJ. J, Dari Kurikulum Bertujuan Kompetensi) Sampai MBS (manajemen Berbasis Sekolah), (Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2005).

Hamalik. Oemar, Evaluasi Kurikulum, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1990).

Handayaningrat. Soewarno, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen,(Jakarta: Gunung Agung, 1985).

Hersey. P and Blanchard. K.H, Management of Organizational Behavior, (New Jersey: Englewood Cliffs, 1988).

Irianto. Yoyon Bahtiar, Kebijakan Pembaharuan Pendidikan, (Jakarta: PT. Rajawali Press, 2010).

Locke. E. A, Esensi Kepemimpinan. (Terjemahan Aria Ananda), (Jakarta: Spektrum, 1997).

Mulyasa. E, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Mensukseskan MBS dan KBK, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005).

Umaedi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, (Yogyakarta: FIP- UNY, 2000).

Winardi, Asas-asas Manajemen, (Bandung: Mandar Madju, 1990).

 

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

M. Zuhri Mahendra, Siti Nur Azizah, & Gunawan Syaputra. (2024). MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN. ICO EDUSHA, 4(1), 452–462. Retrieved from http://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/484