Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan Di Pesantren

Authors

  • Nuzula Indana Maulidah Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Muh Syafaat Awalul Falah Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi

Abstract

Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan Di Pesantren

Nuzula Indana Maulidah

nuzulaindana29@gmail.com

Muh Syafaat Awalul Falah

Syafaatawalulfalah@gmail.com

Abstrak

Dalam sebuah lembaga pendidikan memiliki tata kelola pembiayaan. Termasuk juga dalam lembaga pendidikan di pondok pesantren. Tujuan penulisan kajian ini yaitu untuk mengungkap tata kelola pembiayaan di pondok pesantren Salaf Modern berdasarkan filsafat empiris David Hume dan filsafat positif Auguste Comte. Lokasi kajian yaitu pondok pesantren Subulul Huda Banyuwangi Metode kajian adalah filsafat empiris. Maksud dari kajian ini yaitu kajian yang ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai sumber dari pengetahuannya yaitu melalui pengamatan/observasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa tata Kelola pembiayaan Pendidikan di pesantren Subulul Huda telah sesuai dengan standar lembaga pendidikan, semua bentuk pengecekan dan pelaporan sudah menggunakan kwitansi sebagai bukti yang valid. Monitoring dan evaluasi pengelolaan anggaran dilaksanakan oleh sekretaris yayasan dan disetujui oleh pimpinan yayasan. Faktor pendukung pembiayaan di Pesantren ini yaitu banyaknya donatur yang secara sukarela menghibahkan sebagian hartanya seperti mobil, gedung dan lain sebagainya sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya santri yang kehilangan kwitansi pembayaran spp. Pengelolaan pembiayaan di lembaga pendidikan islam merupakan salah satu hal yang penting, salah satu manfaatnya yaitu meningkatnya efektivitas serta efisiensi pengelolaan keuangan. Jika pengelolaan pembiayaannya tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan yang substansial.

Kata Kunci : Pembiayaan Pendidikan; Pondok Pesantren

Abstract

An educational institution has financing management. This also includes educational institutions at Islamic boarding schools. The aim of writing this study is to reveal financing governance in Modern Salaf Islamic boarding schools based on the empirical philosophy of David Hume and the positive philosophy of Auguste Comte. The location of the study is the Subulul Huda Islamic boarding school Banyuwangi. The study method is empirical philosophy. The purpose of this study is that it is a study written based on the author's experience as a source of knowledge, namely through observations. The results of this study show that the governance of education financing at the Subulul Huda Islamic boarding school is in accordance with educational institution standards, all forms of checking and reporting use receipts as valid evidence. Monitoring and evaluation of budget management is carried out by the foundation secretary and approved by the foundation leadership. The supporting factor for financing in this Islamic boarding school is the large number of donors who voluntarily donate some of their assets such as cars, buildings and so on, while the inhibiting factor is the large number of students who have lost their tuition fee payment receipts. Financing management in Islamic educational institutions is an important thing, one of the benefits is increasing the effectiveness and efficiency of financial management. If financing management is not managed well, it will cause substantial problems.

Keywords: Education Financing; Islamic boarding school

 

  1. Referensi

Abdul Tolib. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Terpadu.

Ara Hidayat, A. S. (2019). Manajemen Sumber Dana dan Alokasi Pembiayaan pada Pesantren Mahasiswa. 3 (2), 120–133.

Arifi, A. (2008). Anggaran Pendidikan dan Mutu Pendidikan (Respon Kebijakan Anggaran Pendidikan 20% dari APBN bagi Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah). Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Arifin, Z. (2012). Perkembangan Pesantren di Indonesia. Pendidikan Agama Islam.

Azhari,U.L.,&Kurniady,D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta. Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT. Indeks.

Bahruni. (2018). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Bendahara Pesantren. Bogor: Pesantren Ummul Quro Al-Islami.

Ernie Widyastuti (2012), Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan, (Surakarta: Tesis).

Fattah, N. (2008). Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori dan Studi Empiris.

Jurnal Pendidikan Dasar.

Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Harsono. (2007). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hidayat, A. (2012). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah). In Universitas Pendidikan Indonesia.

Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2019). Manajemen Peserta Didik. Jurnal          Isema : Islamic    Educational     Management.

Masditou. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu. Jurnal ANSIRU PAI.

Masyhud, S. (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka. Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 Tahun 2009. Salinan.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, A. (2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal At-Ta’dib.

Mulkhan, A. M. (2013). Filsafat Tarbiyah Berbasis Kecerdasan Makrifat. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 219-239.

Nugroho, I. (2016). Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis Dan Nilai Etisnya Terhadap Sains. Cakrawala: Jurnal Studi Islam.

Nur Eka Setiowati, (2015) “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan Terpadu Nurushiddiiq Cirebon” (Al- Amwal-Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah).

Nurhamzah, (2019) “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pesantren Berbasis Mutu: Penelitian di Pesantren Darut Tauhid Bandung dan Pesantren Modern Sahid Bogor (Disertasi Program Doktor UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Rindawati, S. (2017). Responsibilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu. Sosiohumaniora.

Sholihat, Saniyyah Siti,”Pengelolaan biaya pendidikan, partisipasi masyarakat dan mutu layanan pembelajaran madrasah ibtidaiyah swasta di Bandung”. (Magister Program Studi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascsarjana, Bandung, 2017).

Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB).

Seran, A. (2014). Masa Depan Filsafat Dalam Era Positivisme Logis. RESPONS. Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. UQI, P. (2020). Data Bendahara Umum. Bogor: PM UQI.

Wahyuni, A. (2020). Instrumen Wawancara bersama Bendahara Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Bogor.

Winda, C., Rizal, A. S., & Afriatin, T. S. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam dalam Membina Kepribadian Islami di SMA Islam Terpadu Mifthul Khoir Dago Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education.

 

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Nuzula Indana Maulidah, & Muh Syafaat Awalul Falah. (2024). Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan Di Pesantren. ICO EDUSHA, 4(1), 463–478. Retrieved from http://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/485