Implemengvtasi total quality management (TQM) perspektif teori Edward Deming dalam Meningakatkan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning

Authors

  • Muh Syafaat Awalul Falah Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Muhammad Baihaqi Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Nuzula Indana Maulidah Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi

Abstract

Abstract: Muadalah's Education Unit (SPM) Wustho is a recognized institution located in banyuwangi, east java. This madrasah has a superior program of reading the book in accordance with the vision and mission, this is solely implemented to improve the quality of existing students to be proficient and able to read the book This study examines problems related to the concept of Total Quality Management (TQM) in the book reading learning program. The source of data in this study is Waka Kurikulum, classroom learning teacher, grade 3 students. The results of this study show that in the urgency of the Total Quality Management (TQM) Approach in developing the quality of students, the Kutubus Salaf learning program is needed, because one of the concepts of Total Quality Management (TQM) is to implement customer satisfaction services, namely planning (plan), implementation (do), learning / examination (study) and action (action). Then the output results and results of the Total Quality Management (TQM) approach in improving the quality of students learning kutubus salaf, this program has produced quality graduates and achievements, while efforts to produce quality results one of them is by using intensive learning methods. .

Keywords: Total Quality Management (TQM), learning programs, Student quality

 

Abstrak: Satuan Pendidikan Muadalah(SPM)Wustho merupakan lembaga yang terakui kesalafan yang terletak di banyuwangi, jawa timur,. Madrasah ini memiliki program unggulan Baca kitab yang sesuai dengan visi misi, ini semata-mata  dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas peserta didik yang ada agar mahir dan mampu membaca kitab . Penelitian ini  mengkaji masalah yang berkaitan dengan konsep Total Quality Management  (TQM) dalam program pembelajaran baca kitab. Sumber data  dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum, guru pembelajaran kelas, siswa kelas 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam urgensi Pendekatan Total Quality Management (TQM) dalam mengembangkan kualitas Siswa program pembelajaran kutubus salaf sangat dibutuhkan,karena salah satu konsep Total Quality Management (TQM) adalah untuk  Menerapkan layanan kepuasan pelanggan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), pembelajaran/ Pemeriksaan (studi) dan tindakan (tindakan). Kemudian hasil output dan hasil dari pendekatan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kualitas siswa pembelajaran kutubus salaf, program ini telah menghasilkan lulusan dan prestasi yang berkualitas, sedangkan upaya untuk menghasilkan hasil yang berkualitas salah satunya dengan menggunakan Metode pembelajaran intensif.

Kata Kunci: Total Quality Management (TQM), program pembelajaran, Siswa kualitas

 

References

Majidah, Rima. “IMPLEMENTASI KONSEP TOTAL QUALITY MANAGEMENT ( TQM ) WILLIAM EDWARD DEMING DALAM PENGEMBANGAN MUTU PESERTA DIDIK PROGRAM PEMBELAJARAN INTENSIVE SCIENCE CLASS ( ISC ) MAN 1 DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT” 6, no. 1 (2021): 71–98.

Manado, Iain, Mardan Umar, and Feiby Ismail. “Jurnal Pendidikan Islam Iqra ’ Vol. 11 Nomor 2 Tahun 2017 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado” 11 (2017).

Syukri, M. “TOTAL QUALITY MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS OUTPUT MELALUI” 04, no. 01 (2023).

Maghfiroh, Lailatul (2018). “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui TQM di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta,” Ta’lim 1, No. 2.

Majidah, Rima (2020). “Evaluasi Program Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Intensive Science Class (ISC) MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat,” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 8. No. 1

Putri, Dewi Isnawati Intan (2020). “Manajemen Pengembangan Peserta Didik Berbasis Total Quality Management di MI Al-Hidayah Bogor Miri Sragen.”Jurnal Studi Agama, Vol. 20. No. 1.

R, Priarni (2017). "Aplikasi Total Quality Manajemen Dalam Lembaga PendidikanIslam" Inspirasi Vol. 1. No. 1 Rahmah, Ulfatur (2018). “Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Al-Hikmah Surabaya,” Vol. 3

R, Priarni (2017). "Aplikasi Total Quality Manajemen Dalam Lembaga PendidikanIslam" Inspirasi Vol. 1. No. 1

Rahmah, Ulfatur (2018). “Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Al-Hikmah Surabaya,” Vol. 3.

Septiadi, Wahyu (2019). “Tinjauan Total Quality Management (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam,” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 4, No. 1.

Septiadi, Wahyu (2019). “Tinjauan Total Quality Management (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam,” Nidhomul Haq. Vol. 4. No. 1

Sallies, Edward (1993). Total Quality Management in Education, London: Kogan Page Limited.

 

 

 

 

 

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Muh Syafaat Awalul Falah, Muhammad Baihaqi, & Nuzula Indana Maulidah. (2024). Implemengvtasi total quality management (TQM) perspektif teori Edward Deming dalam Meningakatkan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning. ICO EDUSHA, 4(1), 478–488. Retrieved from http://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/486