UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DINIYAH DARUNNAJAH SINGOSARI KABUPATEN MALANG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Salafiyah di Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari Kab. Malang, jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan pengasuh yayasan. Pengumpulan data menggunakan metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analilis data dilakukan dengan cara Penyajian Data, Reduksi Data dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Bagaimana mengelola pembaharuan sistem di Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari secara optimal (2) Mengapa perlu adanya peningkatan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari Kab. Malang. Hasil penelitian untuk menunjukan bahwa (1) Cara mengelola pembaharuan sistem mutu di Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari Kabupaten Malang secara optimal dengan cara 5 faktor yang dominan yang pertama kepemimpinan, keikutsertaan guru, pendekatan siswa, kurikulum, kerjasama dari berbagai pihak (2) Peranan pemerintah terhadap perkembangan Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari Kab. Malang yaitu sebagai pemberi sarana dan prasarana dan operasional dana lembaga (3) Peningkatan mutu pendidikan islam di Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari Kab. Malang dengan melalui manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen keuangan, manajemen sarana prasarana, manajemen masyarakat, manajemen struktur pendidikan islam (4) Solusi yang sesuai untuk memaksimalkan peningkatan mutu pendidikan islam yang ada di Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari Kab. Malang
Kata Kunci: Upaya, Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Madrasah Diniyah
Refrerences
Arbangi. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Arikunto Suharsini. 1998. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta Reneka Cipta.
Bungin Burhan. 2007. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depertemen Agama RI. 2000. Pedoman penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Depag.
Fadli M. 2016. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan”.
Hasil Observasi dokumentasi di Madrasah Diniyah Darunnajah Singosari Kabupaten Malang, pukul 17.04. Pada tanggal 14 April 2021
Moh. Saifulloh dkk. 2012 . “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah”.
Moleoang J Lexy. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Moleoang J Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rosyada Dede. 2017. Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Kencana.