GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID – 19 (CORONA VIRUS) di SDN 1 KARANGPURI, KEC.WONOAYU, KAB. SIDOARJO
Abstract
Saat ini hampir seluruh negara di belahan dunia sedang dilanda wabah COVID-19. Dalam dunia pendidikan, adanya wabah dari virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar tatap muka yang biasanya berlangsung dikelas, dengan aktivitas belajar di rumah atau disebut dengan Study From Home (SFH). Kebijakan belajar dari rumah di tengah pandemi COVID-19 ini, didasarkan pada Surat Edaran Kemendikbud RI nomor 3 tahun 2020 mengenai pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada satuan Pendidikan, dan pada Surat Sekjen Mendikbud nomor 35492/ A.A5/ HK/ 2020 tanggal 12 Maret 2020 perihal Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan Kepala SD Negeri 1 Karangpuri dalam mencapai tujuan dan keberhasilan sekolah pada masa Pandemi COVID-19, Kendala apa saja yang dihadapi oleh Kepala SD Negeri 1 Karangpuri dalam mencapai tujuan dan keberhasilan sekolah pada masa Pandemi COVID-19 dan Upaya – upaya apa yang dilakukan Kepala SD Negeri 1 Karangpuri dalam mengatasi masalah mengenai gaya kepemimpinannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif. Sehingga menghasilkan suatu hasil bahwasanya ada 4 gaya kepemimpinan yang dianut oleh kepala sekolah salahsatunya Gaya Kepemimpinan Konsultasi, Instruktif, Delegatif, dan Partisipatif.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Pandemi Covid-19
References :
Benyamin Situmorang, Influence Of Organizational Culture, Leadership, Interpersonal Communication, And Job Satisfaction To Organizational Commitment Of School Principals, (Artikel Yang Dikeluarkan Oleh Universitas Negeri Medan), Hal 10.
D Katz, & Kahn, R. L, Thesocial Psychology Of Organizations (2nd Ed) (New York: John Wiley). (2016). Hal. 528.
Eko Djatmiko,The Effect Of The Principal's Leadership And Facilities On The Teacher’s Performance Of State Junior High Schools Of Semarang Municipality, Jurnal Fokus Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2015) : 19 - 30, Issn : 1907-6304.Hal 23
Hemphill, J.K., & Coons, A.E., "Development Of The Leader Behavior Description Questionnaire", In R.M.Stogdill & A.E.Coons (Eds), Leader Behavior: Its Description And Measurement (Columbus: Bureau Of Business Research, Ohio State University). (1957). Hal.7
Khamim Zarkasih Putro et al.,. (2020) “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah,” Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE. Vol. 1, No. 1. Hal. 126.
Ni Komang Astini Suni, (2020). “Thantangan Dan Peeluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3, No. 2. Hal. 243.
Purwono Sastro Amijoyo Dan Robert K. Cunningham, Kamus Inggris-Indonesia(Semarang: Pt. Widya Karya). ( 2016), Hal. 224
- J House, A Theory Of Charismatic Leadership. In J. G Hunt And L. L. Larson (Eds), Leadership: The Cutting Edge (Carbondale: Southern Illinois University Press). (1976). Hal 184
Stephen P Robbins, Organizational Behavior(Mexico: Prentice Hall). (2013), Hal. 314.
Thomas Stefanus Kaihatu Dan Wahju Astjarjo Rini, “Kepemimpinan Transformasional Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Atas Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Organisasi, Dan Perilaku Ekstra Peran: Studi Pada Guru-Guru Smu Di Kota Surabaya”, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahan. Vol.98, No. 1, (2017) Hal 51.
Unik Hanifah Salsabila, dkk. (2020). PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol. 17 No. 2. Hal 188-198.