THE POLICY OF THE PRINCIPAL ON OPTIMIZATION OF HUMAN RESOURCES DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SDN SUMPUT SIDOARJO
Abstract
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengesahkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Oleh karena itu, selain pembelajaran online, kepala sekolah juga memberikan kebijakan tersendiri dalam mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di SDN Sumput Sidoarjo yaitu baik kepala sekolah maupun tenaga pendidik ikut serta dalam pelatihan dan pengembangan, sebagai bekal dalam mensukseskan kebijakan pemerintah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebijakan pemerintah dan kepala sekolah berjalan dengan baik di SDN Sumput dan kinerja SDM dikatakan optimal, hal ini terlihat dari seberapa loyal SDM SDN Sumput Sidoarjo saat mengajar dan menyelesaikan tugas. baik dan siswa yang terus berprestasi meski di tengah pandemi dan belajar online
Kata Kunci : Kebijakan, Kepala Sekolah, Pembelajaran Online, Sumber Daya Manusia
References
Ardiwianto, 2018. “Analisis Kebijakan Pendidikan, Kajian Teoritis, Eksploratif, Dan Aplikatif” Bandung, Cendekia Press.
Hukumonline, 2020. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/06/keputusan_bersama_menteri_pendidikan_dan_kebudayaan_menteri_agama_menteri_kesehatan_dan_menteri_dalam_negeri_nomor_01_kb_2020_516_hk_03_01_menkes_363_2020_440_882_tahun_2020.pdf. Diakses 20 desember 2020.
Jaka Purnama, Basuki. 2016. Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah. (Jurnal Manajemen Pendidikan), Vol. 12, No 2
Kemenkesdikti. 2020.Kesiapan Kemenkes Dalam Menghadapi Outbreak Novel Coronavirus (2019-Ncov),https://www.papdi.or.id/pdfs/817/dr%20Siti%20Nadia%20-%20Kemenkes%20RI.pdf, Diakses 12 Desember 2020.
Moleong, Lexy J. 2011.Metode Penelitian Kualitatf, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan, 2004.Metode & Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta
Rusdiana, 2015. “Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi,” Bandung: Pustaka Setia
Sufyan Ats-Tsauri Muhammad, Munastiw Erni. 2020. Strategi Kepala Madrasah Dalam Menentukan Kebijakan Pembelajaran Era Covid 19: Studi Kasus Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nw Pondok Gedang, (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam), Volume 2 Nomor 2.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, 2008.Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008
Tilaar H.A.R., 2012. Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Kebijakan Pendidikn Dan Kebijkan Sebagai Kebijkan Publik, Jakarta: Kencana Pernada Media Group
Wahjosumidjo, 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada