MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SARIROGO KAB SIDOARJO TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Manajemen Pengembangan Mutu Guru di SDN Sarirogo Sidoarjo. Program strata 1 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen pengembangan mutu guru di SD Negeri Sarirogo Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif atau field research (penelitian lapangan) yang lokasinya bertempat di SD Negeri Sarirogo. Sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan dari hasil wawancara secara langsung kepada kepala sekolah mengenai manajemen pengembangan mutu guru dan beberapa guru yang telah mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan mutu guru. Kemudian sumber data sekunder didapatkan dari hasil dokumentasi yaitu berupa deskripsi lokasi penelitian serta sejarah singkatnya, struktur organisasi, keadaan murid dan juga gurunya. Hasil penelitian dalam manajemen pengembangan mutu guru di SDN Sarirogo sudah cukup bagus dengan berjalannya program yang telah direncanakan dapat teraplikasikan dengan baik, sehingga adanya hal tersebut perlu dipertahankan, hal ini dapat dibuktikan dari hasil manajemen pengembangan mutu guru dengan kebijakan kepala sekolah mengenai proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi sehingga terdapat beberapa guru yang masuk dalam kategori guru berprestasi hal itu karena adanya program pengembangan yang ada, sehingga dapat dinilai dari keempat standar kompetensi guru yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial.
Kata Kunci : Manajemen, Mutu Guru, Pendidikan
References
Hasil Observasi di SD Negeri Sarirogo Sidoarjo, Pada Hari Senin, Tanggal 22 Februari 2021, Pukul 08:30 WIB
Hasil Wawancara dengan Ibu Sri Rahayu Wilujeng, selaku Kepala Sekolah di SD Negeri Sarirogo Sidoarjo, Pada Hari Senin, Tanggal 22 Februari 2021, Pukul 08:21 WIB.
Maulida, Qotrun Nada. Manajemen Pengembangan Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019. Diakses Melalui digilib.uinsgd.ac.id. Diambil Pada 25 Desember 2020 Pukul 09.32
Priatna, Asep. “Manajemen Pengembangan Mutu Sekolah”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 25. No.1. 2018. Hlm. 80
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alabeta. Cet. Ke-1. 2019. Hlm. 17
Sulfemi, Wahyu Bagja. “Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor”. Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan. Vol. 16. No. 1. (2017) .Hlm. 2
Umar Sidiq, Miftachul Choiri, and Anwar Mujahidin. "Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan." Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia: Penerbit CV Nata Karya. Wujud secara online pula di: http://repository. iainponorogo. ac. id/484/1/METODE [dilayari di Kuala Lumpur, Malaysia: 10hb Februari 2020] (2019).Hlm.3
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003