PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MI. DARUL MUTA’ALLIMIN

Authors

  • Choirun Anisah STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Fathul Fauzi STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

Abstract

Supervisi kepala madrasah merupakan seorang yang bertugas dan bertanggung jawab membantu tugas seorang pendidik. Baik dalam proses belajar mengajar, administrasi madarasah maupun lainnya untuk menciptakan profesionalitas guru sehingga dapat berpengaruh terhadap mutu layanan pendidikan bisa berjalan dengan efisien dan efektif. Supervisi kepala madrasah serta profesionalitas guru harus berjalan bersama dengan baik. yang bertujuan untuk menciptakan suatu madrasah yang bermutu, Metode penelitian yang diambil kali ini yaitu metode kuantitatif dimana nantinya menggunakan perhitungan matematis, teoritis, serta hipotesis. yang berhubungan dengan fenomena alam yang ada. Hasil penelitian ini diharapkan menghasilkan analisa adanya pengaruh atau tidak antara variabel satu dengan yang lain. Penelitian ini bermanfaat untuk inovasi perbaikan madrasah.

Kata Kunci: Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Dan Profesionalitas Guru, Terhadap Mutu Layanan Pendidikan

References

Ahyat, Nur. (2017). Metode Pembelajaran Agama Islam, JURNAL EDUSIANA. Vol. 4, No.1.

Surabaya : STAI AR- ROSYID.

Assofi, MH. (2016). Konsep Profesionalisme Guru. Tulungagung : IAIN.

Aziz, Amrullah. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan, JURNAL STUDI ISLAM.Vol.10, No.2. Pasuruan : STAI PANCAWAHANA

Bafadhol, Ibrahim. (2017). Lembaga Pendidikan Islam, JURNAL EDUKASI. Vol.6, No.11.

Bogor : STAI AL-HIDAYAH.

Dacholfany, Ihsan, M, dan, Rezeki, Sari, Yunita (2018) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Kompetensi Paedagogik Terhadap Mutu Sekolah di SMA Se- Kecamatan Pekalongan Lampung Timur, JURNAL LENTERA PENDIDIKAN PUSAT PENELITIAN LPPM UM METRO. Vol.3 ,No.2 . Lampung : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO.

Desilawati. (2014). Guru Profesional Diera Global, JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Vol.20, No.77. Medan : UNIMED.

Hayati,Mida, R. (2017). Supervisi Pendidikan. Lampung : UIN RADEN INTAN.

Lianda, Yuva, “Uji Hipotesis dan Penggunaannya Dalam Penelitian”. Blog Yuva, accesed 20 November 2020, https://yuvalianda.com/uji-hipotesis/.

M,pd, Supadi, Dr. (2017). Mutu Layanan Pendidikan Di SMP Assa’adah Duren Sawit.

Jakarta : UNJ.

Mufarrikoh, Zainatul, Statistika Pendidikan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis),

(Surabaya: CV. Jakad Media Publishing, 2020).

 

Mulyadi, Mulyadi, Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah, (UIN-Maliki Press, 2010).

Munir, Munir, “Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”, (Bandung; Alfabeta, 2008).

Munir, Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Bandung; Alfabeta, 2008).

Namira, Izza, “9 Jenis Teknik Sampling Untuk Riset, Rahasia di Balik Data Statistik”, IDN Times, accesed 04 March, 2020, https://www.idntimes.com/science/experiment/izza- namira-1/macam-teknik-sampling.

Nurhady Tama, Fikria, “Pembelajaran Jarak Jauh”, Makalah IAIN Kendari, 2017.

 

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti dkk, Dasar-dasar Statistik Penelitian, (Yogyakarta: Sibuku Media, 2017).

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010).

Ramdani, Muh, Danny. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Mutu Layanan Pendidikan, JOURNAL OF EDUCATION MANAGEMENT & ADMINISTRATION REVIEW 4, no. 1. Jawa Barat : UNIVERSITAS GALUH.

Raharjo, Sahid, “Cara Melakukan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS”, SPSS              Indonesia,              accesed              19              November,              2020, https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-normalitas-kolmogorov-smirnov- spss.html.

Rozi Yerusalem, Muhammad, Fatur Rochim, Adian dan Kurniawan Teguh Martono, “Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer”, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.4, Oktober 2015 (e- ISSN: 2338-0403), 483, https://media.neliti.com/media/publications/169214-ID- desain-dan-implementasi-sistem-pembelaja.pdf.

Suwartini, Agustin, Erni. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru Dan Mutu Pendidikan, JURNAL ADMINISTRASI PENDIDIKAN. Vol. XXIV, No.2. Bandung : UPI.

S,pd, Anwar. ( 2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Dikelas Senyatanya Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 SDN 41 Ampenan, JURNAL ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN. Vol.2, No.1. Mataram : MANDALA NURSA.

Sari, Puspita, Yeni. Dkk. (2020). Pengaruh manajemen kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru,” JURNAL MANAJEMEN , KEPEMIMPINAN, DAN SUPERVISI AKADEMIK 6,no.1. Palembang : UNIVERSITAS PGRI.

Salamadian, Salamadian, “10 Teknik Pengambilan Sampel dan Penjelasannya Lengkap”, Salamadian Muda dan Berilmu, accesed 18 November, 2020, https://salamadian.com/teknik-pengambilan-sampel-sampling/.

Sari, Husnita dkk, Makalah Metode Pendidikan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (IAIN Raden Intan Lampung, 2015.

Satariyah, Satariyah, “Tantangan Guru Gagap Teknologi Pada Pembelajaran Jarak Jauh”, BDK        Jakarta        Kemenag         RI,        accesed        January         13,         2021, https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/tantangan-guru-gagap-teknologi-pada- pembelajaran-jarak- jauh#:~:text=pendidikan%20jarak%20jauh%20(PJJ)%20yang,dan%20berbagai%20s umber%20daya%20yang

Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990).

 

STAIN, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah edisi revisi, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016) .

Sudjana, Nana, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1995).

 

 

Sugiyono,         Sugiyono, Metode          Penelitian          Kuantitatif          Kualitatif          Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Sujarweni, Wiratna, SPSS Untuk Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014).

 

Suryadi, Asip, “Definisi Pendidikan Jarak Jauh”, Edunesiania, accesed February 07, 2021, https://edunesiania.blogspot.com/2020/05/konsep-pendidikan-jarak-jauh.html.

Syaudih    Sukmadinata,    Mana,    Metode    Penelitian    Pendidikan,    (Bandung:    Remaja Rosdakarya, 2007).

Tim Penyusun Pusat Bahasa (Mendikbud), Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, Ed. 3, cet. 4, 2007).

Winarsih, S. (2017). Kebijakan & Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, JURNAL CENDEKIA. Vol.15, No.1. Kebumen : IAINU.

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Anisah, C. ., & Fauzi, F. (2022). PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MI. DARUL MUTA’ALLIMIN. ICO EDUSHA, 2(1), 122–139. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/127