MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN DI MI AL-IFADAH JAKARTA UTARA
Abstract
Penelitian yang berjudul manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa pendidikan pada MI Al-Ifadah Jakarta Utara tentu mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan jasa pendidikan di MI Al-Ifadah Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau field research (penelitian lapangan) artinya peneliti langsung mengambil data penelitian dilokasi penelitian yang lokasinya bertempat di MI Al-Ifadah Jakarta Utara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode primer dan sekunder. Metode primer melalui dapat didapatkan dari hasil wawancara secara langsung oleh peneliti dengan narasumber di MI Al-Ifadah Jakarta Utara, sedangkan metode sekunder didapatkan dari hasil dokumentasi yaitu berupa data mengenai sarana dan prasarana. Manajemen sarana dan prasarana memiliki proses kegiatan yang biasanya dilakukan mencakup beberapa langkah-langkah yakni kegiatan Perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan dan pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan serta kegiatan pengawan juga penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah atau wakil kepala bagian sarana dan prasarana pendidikan terutama pada MI Al-Ifadah Jakarta Utara. Hasil Penelitian mengenai manajemen sarana dan prasarana di MI Al-Ifadah Jakarta secara garis besar dapat meningkatkan kualitas pelayanan jasa pada bidang pendidikan dan telah sesuai dengan standarisasi sarana dan prasarana sesuai ketentuan PerMendikNas No 24 tahun 2007 tentang standarisasi sarana dan prasarana pada tingkat SD/MI, jadi sarana dan prasarana disekolah ini sudah memadai walaupun masih terdapat beberapa kendala, namun kepala sekolah bersama dengan seluruh masyarakat sekolah akan terus mengupayakan agar problematika yang saat ini dihadapi dapat terselesaikan.
Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan Prasarana, Pelayanan Pendidikan
References
Aditya Nugraha Dan Happy Fitria, Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019. Hal. 59
Aswin Bancin dan Wildansyah Lubis. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam)”. Vol.9. No.1. 2017. Hlm. 66
Feryna, Maria Ulfah, Warneri. “Analisis Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Smk Negeri 4 Kota Pontianak ”.
Iwan Afriansyah, Lias Hasibuan, Najmul Hayat. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Madrasaha Tsanawiyah Negeri Olak Kemang Kota Jambi”. 2018. Hlm. 2
Maulida, Qotrun Nada. Manajemen Pengembangan Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Diss. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2019. Diakses Melalui digilib.uinsgd.ac.id. Diambil Pada 25 Desember 2020 Pukul 09.32
Putri Isnaeni Kurniawati, Suminto A. Sayuti. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Di SMK N 1 Kasihan Bantul”. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 2013. Vol. 1. No. 1. Hlm. 99
Rusidy Ananda. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan”. 2017. CV. Widya Puspita. Hlm. 1
Sri Enggar Kencana Dewi, Effendi. “Manajemen Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah”. Jpgmi. (2018). Vol. 4. No. 2
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alabeta. Cet. Ke-1. 2019. Hlm. 17