MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI TK PERTIWI IV TANJUNGKALANG (Video Animatif Sebagai Resolusi Media Pembelajaran)

Authors

  • Yuana Wijayanti STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Iranurjayanti Iranurjayanti STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Cantika Haris Safrida STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

Abstract

Manajemen sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar minimum Permendikbud merupakan salah satu faktor utama untuk menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah guna mendeskripsikan bagaimana manajemen sarana dan prasarana terlebih media pembelajaran berbasis video animasi TK Pertiwi 4 tanjungkalang Nganjuk. Beberapa proses di dalamnya yaitu perencanaan sarana dan prasarana, pengadaan sarana dan prasarana, iventarisasi sarana dan prasarana, penyimpanan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasaranan.

Kata Kunci : Manajemen, Sarana dan prasarana, video animasi, PAUD

References

Hidayat, Ara, dkk, 2012, pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelolah sekolah dan madrasah, Yogyakarta, Penerbit Pustaka

Syamsudin, 2017, penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan,

Jurnal Idaarah, Universitas Negri Alaudin Makassar

Sukatin, 2020, manajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan, Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Tamaya, Erli, 2017, analisis implementasi standar sarana dan prasarana PAUD dikaji berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang standar Nasional PAUD, universitas Negeri Semaran

 

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Wijayanti, Y. ., Iranurjayanti, I., & Safrida, C. H. . (2022). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI TK PERTIWI IV TANJUNGKALANG (Video Animatif Sebagai Resolusi Media Pembelajaran). ICO EDUSHA, 2(1), 181–192. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/131