PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-COMMERCE SHOPEE BAROKAH

Authors

  • Isnatul Kasanah STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Ani Faujiah

Abstract

Shopee barokah is a sharia based e-commerce feature which is a form of effort in developing and strengthening the sharia digital system in Indonesia. Indonesia has a large Muslim population so that consumers are more interested in Muslim fashion and other halal products. Therefore, to support this, Shopee launched a halal feature called Shopee Barokah. This study aims to determine the effect of perceived ease of use on interest in using e-commerce shopee barokah, the effect of perceived usefulness on interest in using e-commerce shopee barokah, and the effect of perceived ease of use and perceived usefulness simultaneously on interest in using e-commerce. shopee barokah. The data used is primary data that is quantitative, obtained by distributing questionnaires to respondents using shopee barokah. The analytical method used is multiple in-ear regression analysis which has previously passed the classical assumption test stage, hypothesis testing (t test and F test), and the coefficient of determination test (R2). Data processing using SPSS 16. After being tested on 96 shopee barokah user respondents, the results showed that the perceived ease of use variable had a significant positive effect on the interest in using shopee barokah e-commerce. Likewise, the perceived usefulness variable also has a significant positive effect on the interest in using Shopee Barokah e-commerce. For the effect of the variables perceived ease of use and perceived usefulness simultaneously or together, it shows a significant positive influence on the interest in using shopee barokah e-commerce.

Keyword: : Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, and Intentionto Use

Shopee barokah merupakan fitur e-commerce berbasis syariah yang merupakan bentuk upaya dalam pengembangan dan penguatan sistem digital syariah di Indonesia. Indonesia mempunyai jumlah penduduk muslim yang besar sehingga konsumen lebih berminat terhadap fashion muslim dan produk halal lainnya. Oleh karenanya untuk mendukung hal tersebut, maka Shopee meluncurkan fitur halal yang dinamakan shopee barokah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perceived ease of use terhadap minat penggunaan e-commerce shopee barokah, pengaruh perceived usefulness terhadap minat penggunaan e-commerce shopee barokah, dan pengaruh  perceived ease of use dan perceived usefulness secara simultan terhadap minat penggunaan e-commerce shopee barokah. Data yang digunakan adalah data primer yang bersifat kuantitatif, diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada responden pengguna shopee barokah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi inear berganda yang sebelumnya sudah melewati tahap uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan SPSS 16. Setelah diujikan kepada 96 responden pengguna shopee barokah menunjukkan hasil bahwa variabel perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce shopee barokah. Begitu pula variabel perceived usefulness yang juga berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce shopee barokah. Untuk pengaruh variabel perceived ease of use dan perceived usefulness secara simultan atau bersama-sama menujukkan pengaruh yang positif signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce shopee barokah.

Kata Kunci: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Minat Guna

References

 

Aco, A. and Endang, H., 2017. Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1).

Aditya, R., & Wardhana, A. (2016). Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 24-32.

Ansori, A., 2016. Digitalisasi Ekonomi Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Bangkara, R.P. and Mimba, N.P.S.H., 2016. Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use pada Minat Penggunaan Internet Banking dengan Attitude

Budiarta, K., Ginting, S.O. and Simarmata, J., 2020. Ekonomi dan Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Databoks.katadata.co.id. (2019, 25 September). Indonesia, Negara Dengan Penduduk Muslim Terbesar Dunia. Diakses pada 10 Desember 2020 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/25/indonesia-negara-dengan-penduduk-muslim-terbesar-dunia#:~:text=Berdasarkan%20data%20Globalreligiusfuture%2C%20penduduk%20Indonesia,mencapai%20229%2C62%20juta%20jiwa.

Databoks.katadata.co.id. (2020, 21 September).Peta Persaingan E-Commerce Indonesia Pada Kuartal II 2020. Diakses pada 10 Desember 2020 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/peta-persaingan-e-commerce-indonesia-pada-kuartal-ii-2020

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Di Perpustakaan Informasi Perpustakaan. Iqra: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(1), 196942.

Indriani, G. (2020). Pengaruh Customer Feedback Pada Tokopedia Salam Terhadap Pengembangan Ekonomi Digital Syariah (Studi Kasus Di Martapura Dan Banjarbaru) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Karinka, E., & Firdausy, C. M. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Niat Membeli Konsumen Melalui Shopee Di Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(4), 666-676.

Kartika, P. R. (2020). Intensi Penggunaan E-Commerce Tokopedia Salam: Adopsi Teori Technology Acceptance Model (Tam) (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Maharani, S. And Ulum, M., 2020, February. Ekonomi Digital: Peluang Dan Tantangan Masa Depan Terhadap Ekonomi Syariah Di Indonesia. In Conference On Islamic Studies Fai 2019 (Pp. 1-11).

Nangi, I. Y., & Sukaatmadja, I. P. G. (2015). Pengaruh Aplikasi TAM dan Kepercayaan terhadap Minat Mahasiswa Membeli Ulang Menggunakan E-Commerce dalam Pembelian Produk Pakaian dan Aksesoris. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(7).

Pranata, I.M.A. and Darma, G.S., 2014. Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), pp.69-81.

Rizaldi, M. W. (2020). Analisis Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Indonesia Dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Saadah, N., 2018. Perencanaan Keuangan Islam Sederhana dalam Bisnis E-Commerce pada Pengguna Online Shop. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), pp.105-128.

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3).

Sayekti, N.W., 2018. Tantangan perkembangan ekonomi digital di indonesia. Info Singkat, 10(5), pp.19-24.

Setiawan, A. and Sulistiowati, L.H., 2018. Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (Tam) Dalam E-business. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2), pp.171-186.

Shomad, A.C. and Purnomosidhi, B., 2012. Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko terhadap perilaku penggunaan E-commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).

Sianadewi, J.H., Widyarini, L.A. and Wibowo, W., 2018. Pengaruh Perceived Social Presence, Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Dan Attitude Towards Online Shopping Terhadap Niat Beli Pada Jakarta Notebook. Com. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2), pp.104-115.

Sugiono. 2015. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 Toward Using sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), pp.2-408.

Tribunnews.com. (2020, 30 April). Shopee Kejar Potensi Pasar Syariah Lewat Fitur Barokah. Diakses pada 10 Desember 2020 dari https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/04/30/shopee-kejar-potensi-pasar-syariah-lewat-fitur-barokah.

Venkatesh, V. and Davis, F.D., 2000. A theoretical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management science, 46(2), pp.186-204.

Yutadi, K., 2014. Pengaruh Persepsi Privasi, Persepsi Keamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan E-commerce (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Isnatul Kasanah, & Ani Faujiah. (2022). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-COMMERCE SHOPEE BAROKAH. ICO EDUSHA, 2(1), 452–474. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/166