MARKETING UNGGULAN UNTUK NASABAH DALAM AKTIFITAS FUNDING DI PT BPRS LANTABUR TEBUIRENG MOJOKERTO

Authors

  • Siti Lutfiyah STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Susilowati STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO

Abstract

This study intends to analyze superior marketing for customers in funding activities at PT BPRS Lantabur Tebuireng, analyze funding activities, analyze factors that become customer priorities. There are two sources of data in this study, namely primary and secondary data sources. Finished collecting data, to analyze the writer using descriptive method. Funding activities carried out by PT BPRS Lantabur Tebuireng use the pick-up technique, with this technique customers do not need to come to the office directly to take care of account opening, deposit and cash withdrawals. This is one of the considerations for customers in taking funding products at PT BPRS Lantabur Tebuireng because it provides convenience for customers, especially market traders. The results of this study indicate that funding activities at PT BPRS Lantabur Tebuireng are quite effective in influencing superior marketing to customers, priority factors and also supporting factors to become the basis for customers in making decisions to use funding products at PT BPRS Lantabur Tebuireng. These factors include service factors, convenience, according to Islamic law, promotion, culture, social and personal.Kata kunci: Product Funding, Featured Marketing, Customers

Penelitian ini bermaksud menganalisis marketing unggulan untuk nasabah dalam aktifitas funding di PT BPRS Lantabur Tebuireng, menganalisis kegiatan funding, menganalisis faktor-faktor yang menjadi prioritas nasabah. Terdapat dua sumber data dalam penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sekunder. Selesai mengumpulkan data, untuk menganalisis penulis menggunakan metode deskriptif. Kegiatan funding yang dilakukan PT BPRS Lantabur Tebuireng menggunakan teknik jemput bola, dengan teknik ini nasabah tidak perlu datang ke kantor secara langsung untuk mengurus pembukaan rekening, setor dan tarik tunai. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan bagi nasabah dalam mengambil produk funding diPT BPRS Lantabur Tebuireng karena memberikan kemudahan bagi para nasabah, terutama para pedagang pasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan funding di PT BPRS Lantabur Tebuireng terbilang cukup efektif dalam memengaruhi marketing unggulan terhadap nasabah, faktor prioritas dan juga faktor pendukung untuk menjadi landasan bagi nasabah dalam mengambil keputusan untuk menggunakan produk-produk funding  di PT BPRS Lantabur Tebuireng. Faktor-faktor tersebut di antaranya faktor pelayanan, kemudahan, sesuai syariat Islam, promosi, budaya, sosial dan pribadi.

Kata Kunci: Produk Funding, Marketing Unggulan, Nasabah

References

 

Goetz, J. P & LeCompte, M. D. 1984. Ethnography and Qualitative Design in Educational Research. San Diego: Academic Press.

Ismail. 2011. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.s

Khotibul Umam dan Setiawan Budi Utomo. 2016. Perbankan Syariah: Dasar-dasar Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Makassar: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Elfabeta.

Sutopo H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Siti Lutfiyah, & Susilowati. (2022). MARKETING UNGGULAN UNTUK NASABAH DALAM AKTIFITAS FUNDING DI PT BPRS LANTABUR TEBUIRENG MOJOKERTO. ICO EDUSHA, 2(1), 495–503. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/169