PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMA INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL SIDOARJO

Authors

  • Santi Suci Darma STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Ikhwandi Muhamad Ripin STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

Abstract

Peserta didik memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan. Oleh karenanya manajemen peserta didik harus dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga dapat memperoleh hasil yang diharapkan lembaga pendidikan. Dan sekolah merupakan sarana bagi seseorang dalam meningkatkan pengetahuan. Sebagaimana uraian tersebut, peneliti mengamati bahwa manajemen peserta didik harus dijalankan dengan baik oleh semua bagian dalam sekolah. Dari latar belakang diatas, penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen peserta didik yang dilakukan di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo.  Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kesiswaan, Wakil Kepala Kurikulum, Staff Tata Usaha, dan beberapa dewan guru yang berada di SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan kajian literatur, mengambil data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan pada akhirnya dilakukan analisis terhadap semua data yang diperoleh agar data dapat disajikan secara sistematis dan ringkas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolahtersebut memiliki berbagai program dalam proses pembinaan terhadap para siswa.

Kata kunci: Pembinaan, Manajemen, Peserta Didik.

References

Berita diakses dari https://sekolahicm.sch.id/ Pada tanggal 04 Desember 2021.

Pedoman Praktik Latihan Profesi. Sidoarjo. Sekolah Tinggi Agama Islam An

Najah Indonesia Mandiri.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Suci Darma , S. ., & Muhamad Ripin , I. . (2022). PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMA INSAN CENDEKIA MANDIRI BOARDING SCHOOL SIDOARJO. ICO EDUSHA, 2(1), 153–157. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/172