MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI KB AL HAYAT KRIAN

Authors

  • Iis Sugiartik STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo
  • Fathul Fauzi STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

Abstract

Manajemen peserta didik sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta didik agar proses pembelajaran berjalan lancar, tertib untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Serta mengembangkan potensi individual peserta didik.  Berdasarkan hasil penelitian di KB Al – Hayat, menunjukkan bahwa KB Al – Hayat telah memenuhi standar yang ada pada ruang lingkup manajemen peserta didik, yaitu Perencanaan peserta didik, dengan mempertimbangkan rasio jumlah peserta didik dengan guru dan jumlah peserta didik dengan ruang kelas yang tersedia. Adanya buku absensi untuk mencatat kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik. Adanya buku induk peserta didik untuk mencatat laporan-laporan terkait peserta didik. Adanya pembinaan peserta didik, dalam hal ini berupa layanan konseling, layanan Kesehatan, dan kantin sekolah. Evaluasi peserta didik dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi dan portofolio. Pemberian ijazah kepada peserta didik sebagai bukti otentik kelulusan. Mutasi peserta didik ditandai dengan adanya surat pindah dari sekolah

Kata Kunci: manajemen, peserta didik

References

Annisah, Nuraisyah, Annas. 2017. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam dalam TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5. No. 2. Hal 133.

Ayriza, Yulia. Metode Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-yulia-ayriza-msi-phd/g-metode-penilaian-perkembangan-bpkb.pdf.

Badrudin. 2013. Dasar-dasar Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Eka Prihatin. 2014. Manajemen Peserta Didik. Cetakan 2. Bandung : Alfabeta. hlm. 2.

Famela, Galisa Ayu. 2019. Implementasi Strategi Pemasaran Pendidikan : Studi Kasus di MTs Negeri 2 Bandar Lampung, Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Hal. 28-29.

Marjani Alwi, Besse, Ramadani Suci, Suhanir, Safira Zulaika, Herma Tendri. 2018. Nanaeke : Manajemen Peserta Didik pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do’a Ibu. Indonesian Journal of Early Childhood Education. Vol 1. No. 1. 57-60.

Na’im. Zaedun. 2018. Evaluasi : Konsep Dasar dan Tata Kelola Manajemen Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vo. 2. No. 2 . 501-504.

Nurul Rahmi. 2014. dalam Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2 Nomor 1. Hlm. 532.

Nanaeke. 2018. Indonesia Jurnal of Early Chilhood Education Vol. 1. No. 1. Hal 58.

Suwandi dan Dariyanto. 2017.  Manajemen Peserta Didik. Yogyakarta : Gava Media. Hal 110-113.

Tatang Amirin. 2013. Manajemen Pendidikan.  Cetakan 2 : Yogyakarta  : NUY Press. Hal 50.

Zaedun Naim. Konsep Dasar dan Tata Kelola Manajemen Peserta Didik. Evaluasi. Vol 2. No. 2. 2018. Hal. 501.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Sugiartik, I. ., & Fauzi, F. (2022). MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI KB AL HAYAT KRIAN. ICO EDUSHA, 2(1), 193–200. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/177