STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS AL-AMIRIYYAH BLOKAGUNG TEGALSARI BANYUWANGI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al-Amiriyyah dan untuk mengetahui kendala dan solusi terhadap profesionalisme guru di MTs Al-Amiriyyah. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT dan interaktif 3 model, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan guru profesionalisme di MTs Al- Amiriyah dengan mengadakan pelatihan untuk para guru seperti seminar, workshop, dan shering bersama antara guru. Dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al-Amiriyyah adalah beberapa guru yang tempat tinggalnya jauh dari sekolah tidak dapat melaksankan program sekolah dengan maksimal. Dan solusinya adalah dengan memberi pengarahan dan memotivasi guru-guru tersebut agar dapat bekerja dengan maksimal
Kata Kunci: Strategi, Headmaster, Profesionalisme Guru
References
Asrul ,Syafaruddin. 2013. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka Media
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Saroni, Muhammad. 2006. Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sutama. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan pertama. Surakarta: Fairuz Media.
Syafarudin & Asrul. 2017. Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung: Citapustaka Media
Super Administrator. Tugas Kepala Sekolah dan Peran Kepala Sekolah. https://lintaseradigital.com. Diakses pada 15 Juli 2019
UU 14 Tentang Guru dan Dosen Tahun 2005. https://www.jogloabang.com. Diakses pada tanggal 4 agustus 2020