IMPACT OF INTERNATIONAL MIGRANT PARENTS’ ATTENTION ON THE CHILD’S MOTIVATION TO SALAT (MUSLIM PRAYER)

Authors

  • M Rizqon Al Musafiri Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Halimatus Sa’diah Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Nihayatul Wafiroh Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Orang tua merupakan pendidikan pertama dan utama bagi anak. Namun, terdapat beberapa keluarga yang tidak tinggal bersama. Permasalahan ekonomi melatarbelakangi beberapa orang tua di Indonesia meninggalkan anaknya untuk bekerja di luar negeri. Permasalahan terkait pengasuhan dan pendidikan anak menjadi salah satu dampak yang muncul dari para keluarga dengan orang tua yang bekerja di luar negeri atau disebut Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Padahal anak membutuhkan peran orang tua dan perhatian orang tua, terlebih untuk anak Sekolah Dasar (SD). Secara lebih spesifik bentuk perhatian yang dibutuhkan oleh anak seusia 7-12 tahun terkait pendampingan dan peningkatan motivasi untuk sholat lima waktu. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh perhatian orang tua yang menjadi TKI terhadap motivasi ibadah sholat lima waktu anak usia sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara dengan 30 partisipan. Hasil signifikan yang berarti perhatian orang tua yang bekerja di luar negeri atau TKI berpengaruh terhadap motivasi ibadah solat lima waktu anak usia SD.

Kata Kunci: Anak-anak, Motivasi Sholat, Perhatian, Orang Tua yang menjadi TKI

References

Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Hasbi. Pengantar Fiqih Muamalah. Jakarta: Pustaka Rizki Putra, 2018.

Daulae, Tatta Herawati. “Strategi Orang Tua Dalam Pembinaan Sholat Anak.” al-Maqasid, 2016: 79-100.

Hidayati, Richma, Nur Hidayah, dan IM Hambali. “Differences of Parenting Patterns on Self-Confidence.” 1st International Conference On Information Technology And Education (ICITE 2020). Malang: Atlantis Press, 2020. 272-276.

Juwariyah. Dasar-Dasar Pendidikan Anaka dalam Al-quran. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2010.

RI, UU. Undang-Undang No 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Jakarta: Indonesia, 2004.

—. Undang-Undang No 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Jakarta: Indonesia, 2004.

Rosa, Edinete Maria, dan Jonathan Tudge. “Urie Bronfenbrenner’s Theory of Human.” Journal of Family Theory & Review, 2013: 243-258.

Santrock, J W. Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.). Jakarta: Penerbit Erlangga, 2012.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja dan Anak. Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Suciati. “Islamic Education of Children With Parents As Indonesian Migrant Workers (Case Study in Karangwotan Village, Pati, Central Java).” Qijis:Qudus International Journal of Islamic Studies, 2016: 137-151.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2010.

 

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Musafiri, M. R. A., Sa’diah, H. ., & Wafiroh, N. . (2022). IMPACT OF INTERNATIONAL MIGRANT PARENTS’ ATTENTION ON THE CHILD’S MOTIVATION TO SALAT (MUSLIM PRAYER). ICO EDUSHA, 2(1), 234–242. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/183