IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA USAHA PISCOK LUMERQU DI BLOKAGUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Authors

  • Sofi Faiqotul Hikmah Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Muhammad Kanzul Fikri Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Aniatun Nafisah Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data-data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di usaha piscok lumerqu. Prosedur penelitian lapangan yang menghasilkan data deskriptif, yaitu berupa data-data secara lisan maupun tertulis dari orang atau perilaku yang telah diamati. Adapun   hasil   penelitian   ini   adalah   strategi   bauran   pemsaran   yang diterpakan usaha piscok lumerqu yaitu dari segi produk selalu menjaga kualitas produk dengan baik dan bahan yang digunakan juga halal, harga yang diterapkan juga terjangkau sesuai yang di pesan, tempat yang kurang strategis tidak menyurutkan para pecinta kuliner untuk tetap membeli piscok lumerqu, dan strategi promosi yang dilakukan melalui media online dan offline, lebih banyak melakukan promosi melalui media online meskipun begitu dalam melakukan promosi sangat ditekankan kejujuran dan tidak menjelek-jelekkan usaha lain. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa strategi pemsaran yang dilakukan pada  usaha  piscok  lumerqu  sudah  sesuai  dengan  perspektif  ekonomi  islam. Bauran pemasaran yang terkait seperti product, price, promotion dan place juga berlandaskan pada al-Qur’an, hadits dan praktik nabi   Muhammad dalam melakukan pemasaran.

Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Perspektif Ekonomi Islam

References

Agama RI, Depertamen. 2005. Al-‘Aliyy, Al Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Diponegoro.

Alma, Buchari. 2014. Manjemen Bisnis Syari’ah. Bandung: Alfabeta.

Amrin, Abdullah. 2006. Asuransi Syari’ah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Arifin, Johan. 2008. Etika Bisnis Islam, cetakan 1, Semarang: Walisongo Press.

Arikunto, Suharsimi.  2010.  Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan, M.B.A. 2010.  Management Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

A.Pearce, Johndan Richard B.Robinson. 2014. Manajemen Strategi.  Jakarta: Salemba Empat.

Daryanto. 2011. Manajemen pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Donald A Ball dan Wendell H.Mcclloch. 2001. Bisnis International, Buku ke-II Edisi I, Jakarta: PT.Salemba Emban Patria.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan, edisi 1, Yogyyakarta: Graha Ilmu.

  1. J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Rrevisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula.  2006.  Syari’ah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Morissan. 2012. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Kencana Preneda Media Group.

Muhammad. 2004.  Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Akademi Manajemen dan Perusahaan YKPN.

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurcholifah, Ita. 2014. Strategi Marketing Mix dalam Perspektif Islam, Jakarta: Jurnal, 1 Maret.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi-Mixsed Methods. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2006. Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat Patria,

  1. S. Sumars 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Usman Purnomo Setiady Akbar, Husaini. 2006. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara

Tanzeh, Ahmad. 2009.  Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras

Thorik Gunara dan Utus hardiono.  2007.  Marketing Muhammad, Bandung: Madania Prima.

Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Hikmah, S. F. ., Fikri, M. K. ., & Nafisah, A. . (2022). IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA USAHA PISCOK LUMERQU DI BLOKAGUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. ICO EDUSHA, 2(1), 264–282. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/185