PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN JAMAAH HAJI KBIH DARUSSALAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adakah pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah haji pada KBIH Darussalam di Kabupaten Banyuwangi? (2) Seberapa besar pengaruh antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan jamaah haji pada KBIH Darussalam di Kabupaten Banyuwangi?. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik product moment. Populasi penelitian ini adalah jamaah haji KBIH Darussam yang berjumlah 37. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan rumus : Y= a+b1X1+ b2 X2 dengan hasil Y= 10,426+0,461X1+0,324X2. Hasil Penelitian menunjukkan besarnya tingkat pengaruh 42,3% dipengaruhi dari variabel-variabel lain. Fhitung 12,457 >F tabel l2,247 maka dikatakan signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial antara kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas (X2) terhadap kepuasan jamaah haji (Y) adalah sebesar 0,423. Nilai ini mempunyai arti, kualitas pelayanan dan fasilitas mampu memberikan pengaruh terhadap kepuasan jamaah haji KBIH Darussalam.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kepuasan Jamaah
References
Annas, Muhammad dan Susanti, Nawal Ika. 2021. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas anggota BMT UGT Sidogiri Capem Sempu. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam. Vol 1 No.2 Juli 2021.
Aquinas Wahyu Adi Putranto, Thomas. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Fandy Tjiptono 2012, Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima, Andi Offset, Yogyakarta.
Ghozali, Moch. 2014, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Expedisi Di Surabaya."Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol. 3.
Irawan, Handi. 2002..10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta. Indeks
Parasuraman, et al. 1993. The Nature and Determinants of Customer Expextations of Service. Journal of Academy of Markeüng Science.21. pp. 1–12.
Parasuraman. 1988. Servqual A. Multiple item for Measuring Customer Perception of Service Quality. Journal of Retailing.64. pp.12–40
Rachman, Fatchur. 2014, "Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya." Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3, No. 11.
Rajawali, S. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas
Rantunuwu, Gerardo. Johanes. dan Sem Oroh. dan Rita Taroreh. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabana Manado. Jurnal Ekonomi. Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.2 No.3 September 2014. Hal 1803-1813. Diakses tanggal 6 April 2016.
Renowati, Nova, E.A. Troena, M. Rahayu, M. Ismail. 2008
Rinala, Nyoman dan Kawan-Kawan. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali”. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Program Studi Administrasi Pendidikan. 2017.
Sartika, Sjendry 2016, Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di Kota Manado, Dari Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado.
Sugiyono 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Titissari, Ayu. T:2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yunus, Budiyanto 2014, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan di Narita Hotel Surabaya, Dari Fakultas STIESIA Surabaya.