PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UD. DIVA SEJAHTERA BLOKAGUNG BANYUWANGI
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menguji signifikasi Etika Bisnis Islam, terhadap kepuasan pelanggan di UD. Diva Sejahtera Blokagung Banyuwangi. Untuk menguji signifikasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di UD. Diva Sejahtera Blokagung Banyuwangi. Untuk menguji signifikasi Etika Bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di UD. Diva Sejahtera Blokagung Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Dimana pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 35 responden. Sampel diambil dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Etika bisnis Islam(X1) dan Kulitas Pelayanan(X2) sedangkan variabel terikatnya adalah Kepuasan Pelanggan(Y). Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Etika Bisnis Islam (x1) terhadap kepuasan pelanggan (y) 2,075 dan kualitas Pelayanan () Terhadap kepuasan pelanggan (y) sebesar 4,495. Sedangkan hasil penelitian secara simultan Etika Bisnis Islam (x1) dan kualitas layanan () terhadap kepuasan pelanggan (y) sebesar 22,257.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan
References
Ahmadi, Herman. 2013. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. STIE Dharma Iswara Madiun Ekomaks. 1(3): 80-81
Ali Mustofa, Muhammad. 2018. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Indihome di Lumajang. Riset Manajemen. 2(9): 68-80
Alma,Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Amir, M. Taufik. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Arikunto Suharsimi, 1997. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto,Suharsimi . 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rinika Cipta Grifando Persada
Arikunto,Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Praktek.Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Aryamti, Amelia Septian. 2019. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. e-proceeding of management. 1(4): 131-138
Atika, Iva. 2012. Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Dan Service Recovery. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi.1(3): 93-109
Darmawan Deni, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Devita purnama Sari, Irma dan Suswinarno. 2011. Akad Syariah. Bandung: Kaifa
Ghozali,Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: UNDIP
Gulla Rendy. 2015. Analisis Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Emba, 1(1): 33-47.
Hadi Sutrisno, 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hasan Iqbal, 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hasan,M.Iqbal.2002.Pokok-Pokok Materi Statistik 2(Statistik Inferensif)Jakarta: PT,Bumi Aksara
Iskandar, Dibyo. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Of Economics And Banking. 23(4): 20
Latan,Hengki.2013. /Analisis Multivariate : Teknik dan Aplikasi. Bandung:Alfabeta
Luthfi, Zhafari. 2011. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas. Jurnal Siasat Bisnis.1(1):55-56
Mustofa, Muhammad Ali. 2018. Hesti Budiwati, Kusnanto Darmawan. Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Indihome di Lumajang. Riset Manajemen. 2(9): 68-80
Nazir.1999.Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia Indonesia
Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 1(7): 1-6.
Prasetyo,Bambang. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Grafindo Persada
Purnama Sari Irma Devita dan Suswinarto, 2011. Akad Syariah. Bandung: Kaifa
Rangkuti, Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, Freddy. 2009. Teknik Mengukur dan Meningkatkan Kepuasan Nasabah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Santoso,Singgih.2014. SPSS 22 From Essential to Ekpert Skills. Jakarta: PT Elek Media Komputindo
Sekretariat Negara RI, Undang-Undang RI, 2008. Tentang Perbankan Syariah. Jakarta: Pustaka Mahardika
Sekretariat Negara RI. 2008. Undang_Undang RI Tentang Perbankan Syariah. Jakarta: Pustaka Mahardika