PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UD. DIVA SEJAHTERA BLOKAGUNG BANYUWANGI

Authors

  • Lilit Biati Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Yoga Try Andika Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji signifikasi Etika Bisnis Islam, terhadap kepuasan pelanggan di UD. Diva Sejahtera Blokagung Banyuwangi. Untuk menguji signifikasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di UD. Diva Sejahtera Blokagung Banyuwangi. Untuk menguji signifikasi Etika Bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di UD. Diva Sejahtera Blokagung Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Dimana pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 35 responden. Sampel diambil dengan menggunakan tekhnik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Etika bisnis Islam(X1) dan Kulitas Pelayanan(X2) sedangkan variabel terikatnya adalah Kepuasan Pelanggan(Y). Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Etika Bisnis Islam (x1) terhadap kepuasan pelanggan (y) 2,075 dan kualitas Pelayanan () Terhadap kepuasan pelanggan (y) sebesar 4,495. Sedangkan hasil penelitian secara simultan Etika Bisnis Islam (x1) dan kualitas layanan () terhadap kepuasan pelanggan (y) sebesar 22,257.

Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan

References

Ahmadi, Herman. 2013.  Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. STIE Dharma Iswara Madiun Ekomaks. 1(3): 80-81

Ali Mustofa, Muhammad. 2018. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepuasan Terhadap  Loyalitas Pelanggan Jasa Indihome di Lumajang. Riset Manajemen. 2(9): 68-80

Alma,Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Amir, M. Taufik. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Arikunto Suharsimi, 1997. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,Suharsimi . 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rinika Cipta Grifando Persada

Arikunto,Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Praktek.Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Aryamti, Amelia Septian. 2019. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. e-proceeding of management. 1(4): 131-138

Atika, Iva. 2012. Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Dan Service Recovery. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi.1(3): 93-109

Darmawan Deni, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Devita purnama Sari, Irma dan Suswinarno. 2011. Akad Syariah. Bandung: Kaifa

Ghozali,Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: UNDIP

Gulla Rendy. 2015. Analisis Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Emba, 1(1): 33-47.

Hadi Sutrisno, 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hasan Iqbal, 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasan,M.Iqbal.2002.Pokok-Pokok Materi Statistik 2(Statistik Inferensif)Jakarta: PT,Bumi Aksara

Iskandar, Dibyo. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Of Economics And Banking. 23(4): 20

Latan,Hengki.2013. /Analisis Multivariate : Teknik dan Aplikasi. Bandung:Alfabeta

Luthfi, Zhafari. 2011. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas. Jurnal Siasat Bisnis.1(1):55-56

Mustofa, Muhammad Ali. 2018. Hesti Budiwati, Kusnanto Darmawan.  Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepuasan Terhadap  Loyalitas Pelanggan Jasa Indihome di Lumajang. Riset Manajemen. 2(9): 68-80

Nazir.1999.Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia Indonesia

Prasetio, Ari. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 1(7): 1-6.

Prasetyo,Bambang. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Grafindo Persada

Purnama Sari Irma Devita dan Suswinarto, 2011. Akad Syariah. Bandung: Kaifa

Rangkuti, Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2009. Teknik Mengukur dan Meningkatkan Kepuasan Nasabah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Santoso,Singgih.2014. SPSS 22 From Essential to Ekpert Skills. Jakarta: PT Elek Media Komputindo

Sekretariat Negara RI, Undang-Undang RI, 2008. Tentang Perbankan Syariah. Jakarta: Pustaka Mahardika

Sekretariat Negara RI. 2008. Undang_Undang RI Tentang Perbankan Syariah. Jakarta: Pustaka Mahardika

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Biati, L. ., & Andika, Y. T. . (2022). PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UD. DIVA SEJAHTERA BLOKAGUNG BANYUWANGI. ICO EDUSHA, 2(1), 322–335. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/190