ANALISIS PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PRODUK-PRODUK BANK SYARIAH
Abstract
analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Religiusitas Terhadap Minat Penggunaan Produk-Produk Bank Syariah. (Studi Kasus Pada Masyarakat Kel, Warugunung Surabaya), Merupakan Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah Literasi Keuangan Syariah dan Religiusitas berpengaruh secara signifikan dan Simultan terhadap minat ketertarikan dalam penggunaan produk-produk Bank Syariah pada masyarakat warugunung. Karakteristik pada responden yang tertuju yaitu berdasarkan tingkat usia mulai 20th – 40th, sudah bekerja, dan memiliki rekening bank. Teknik untuk menentukan jumlah sample yaitu dengan Rumus Slovin. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan data peneliti menggunakan metode kuisioner. Data dari responden akan diolah dengan uji Validitas, Reabilitas, Statistik dan Asumsi Klasik. Untuk mengetahui pengaruh dari Literasi keuangan syariah dan religiusitas terhadap minat penggunaan produk bank syariah digunakan analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji koefesien determinasi dengan bantuan alat uji SPSS 16. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan kesimpulan bahwa : 1) secara Parsial variabel Literasi Keuangan Syariah berpengaruh terhadap minat penggunaan produk- produk bank syariah (X1) . 2) Variabel Religiusitas (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan produk- produk bank syariah. 3) Variabel Literasi Keuangan Syariah dan Religiusitas pada masyarakat kelurahan warugunung surabaya secara simultan berpengaruh terhadap minat penggunaan produk-produk bank syariah.
Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Bank Syariah
Rererences
Larasati, F. (2017). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Stie Perbanas Surabaya) (Doctoral Dissertation, Stie Perbanas Surabaya).
Buku Skripsi Mahasiswa Uinsa (Digilib.Uinsby.Id)
Wijanarko, A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1).
Zakaria, L. D., Afifudin, A., & Mawardi, M. C. (2020). Pengaruh Religiusitas, Fasilitas Layanan, Literasi Keuangan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(11).
Rifqo Yatul, U. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas Dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Purwokerto Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).
Huzaifah, A.(2019). Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Pengaruh Kelompok Acuan, Literasi Keuangan, Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Driver Ojek Online Di Yogyakarta).
Dyah Wardani, P. U. T. R. I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri, Religiusitas, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Di Bank Syariah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 7(2).
Muhammad Masrur, “ Ayat-Ayat tentang Literasi Finansial”
(https://bincangsyariah.com/kalam/sebagian-ayat-ayat-tentang-literasi-finansial/8juli2020)
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140-153.
Niken Widya Yunita, “ Ayat tentang riba dalam Al-quran”, (https://news.detik.com/berita/d-4793327/ayat-tentang-riba-dalam-alquran-ini-penjelasannya/Jumat22Nov2019 04.30 WIB)