STRATEGI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ALHIKMAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA GLOBALISASI DI BINANGUN SINGGAHAN TUBAN

Authors

  • Muhammad Ripin Ikhwandi STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Suyadi STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Tri Vida Kurniawati STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO

Abstract

Dalam kehidupan sosial kemanusian, pendidikan bukan hanya sebagai suatu upaya
untuk melahirkan proses pembelajaran yang bermaksud membawa manusia menjadi sosok
yang potensial secara intelektual (intellectual-oriented) melalui proses transfer of knowledge
yang kental. Akan tetapi, proses tersebut juga bermuara pada upaya pembentukan masyarakat
yang berwatak, beretika, dan estetika melalui proses transfer of values yang terkandung
didalamnya. Dalam konteks ini, tampak nyata bahwa tujuan pendidikan khususnya pendidikan
Islam berupaya untuk mengembangkan setiap aspek kehidupan manusia. Aspek-aspek tersebut
meliputi: spiritual, intelektual, imajinasi, keilmiahanHal itu juga berarti pula bahwa beban yang
dipikul oleh lembaga pendidikan Islam akan semakin berat. Apalagi jika dikaitkan dengan
tujuan pendidikan Islam yang yang bermaksud membahagiakan manusia di dunia dan akhirat
Merujuk pada latar belakang dan rumusan masalah tersebut, maka penulisan ini bertujuan
untuk: (1) Mengetahui strategi pendidikan yang diterapkan Pondok Pesantren Al Hikmah
Binangun Singgahan Tuban dalam menghadapi tantangan di era globalisasi. (2)Mengetahui
faktor pendukung dan penghambat terhadap strategi Pondok Pesantren Al Hikmah Binangun
Singgahan Tuban dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Muhammad Ripin Ikhwandi, Suyadi, & Tri Vida Kurniawati. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN ALHIKMAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA GLOBALISASI DI BINANGUN SINGGAHAN TUBAN. ICO EDUSHA, 1(1), 40–61. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/387