RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN AL HIKMAH BINANGUN SINGGAHAN TUBAN DALAM ERA MODERNISASI

Authors

  • M. Athoiful Fanan, STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Muhammad Ripin Ikhwandi STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Abdul Rasyid STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Muhammad Ikhsan, STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO

Abstract

Pondok pesantren mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama
dalam pendidikan Islam. Untuk mencetak generasi penerus yang cerdas dan berahklaq mulia
untuk mencapai semua itu maka perlu adanya manajemen pendidikan di pondok pesantren
tersebut, seperti Pondok Pesantren Al Hikmah Binangun Singgahan Tuban. Penelitian ini
merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan pesantren di Pondok
Pesantren Al Hikmah Binangun Singgahan Tuban. Pertanyaan utama yang ingin dijawab
melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen pendidikan pesantren di Pondok
Pesantren Al Hikmah Binangun Singgahan Tuban? (2) Bagaimana daya dukung dan
hambatan manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Al Hikmah Binangun Singgahan
Tuban ?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara
mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian
dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab penelitian.
Temuan penelitian ini bahwa sistem pendidikan yang dilaksanakan di pondok pesantren
Al Hikmah yaitu dengan sistem klasikal dan dipadukannya dengan pendidikan modern.
Manajemen yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Hikmah meliputi, manajemen peserta
didik, manajemen personalia, manajemen keuangan, pengelolaan pembelajaran dan
manajemen sarana dan prasarana, Dalam pelaksanaannya ditemui sejumlah hambatan yakni
kurangnya tenaga pengajar yang profesional, kondisi fisik santri yang sudah capek karena
selain mengikuti pembelajaran di pondok juga mengikuti pembelajaran di sekolahan,
kurangnya fasilitas sarana dan prasarana sedangkan daya dukungnya yaitu adanya hubungan
yang baik antara pengajar dan santrinya, didalam pembelajarannya para guru menggunakan
pendekatan yang baik untuk membuat santri-santri di pondok ini senang dalam mengikuti
program yang telah dibuat oleh kepengurusan, kerjasama antara dewan pengajar juga sangat
penting dalam mengelola dan mengembangkan pendidikan di pondok ini untuk mencapai
tujuan yang di inginkan yang sesuai dengan visi dan misi di pondok ini

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

M. Athoiful Fanan, Muhammad Ripin Ikhwandi, Abdul Rasyid, & Muhammad Ikhsan,. (2023). RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN AL HIKMAH BINANGUN SINGGAHAN TUBAN DALAM ERA MODERNISASI. ICO EDUSHA, 1(1), 100–120. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/389