HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP SIKAP KRITIS SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP DR. SOETOMO SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan linguistik terhadap
sikap kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Salah satu wujud
usaha pendidikan adalah untuk menumbuhkan kecerdasan dan sikap kritis siswa, diketahui
bahwa sikap kritis siswa kelas VIII SMP Dr. Soetomo pada pelajaran PAI tergolong rata-rata
namun kecerdasan linguistiknya belum bisa diketahui. Pendekatan penelitian ini adalah
kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Dr. Soetomo Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 295 siswa.
Dalam penelitian ini menggunakan random sampel sebanyak 161 siswa dari 295 siswa. Teknik
pengambilan sampel adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data kecerdasan
linguistik dan sikap kritis dikumpulkan dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik regresi sederhana, product moment, dengan bantuan SPSS for
windows versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara kecerdasan linguistik terhadap sikap kritis siswa pada mata pelajaran PAI dengan hasil
coefficient (rxy) sebesar 0,308 bertaraf signifikansi (p) = 0,000 (p = 0,000; p < 0, 01).
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kecerdasan linguistik dan sikap kritis sangat
berhubungan dan keduanya sama-sama berperan penting dalam proses pembelajaran.