ANALISIS MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK (STUDI KASUS TPQ AL-IKHLAS) SURABAYA

Authors

  • Suyadi STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Fathul Fauzi STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Achmad Fahmi STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO
  • Mukharil Syach Elrico STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO

Abstract

Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berjalan dengan efektif, efesien, dan optimal
dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen
kurikulum. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Kurikulum Pendidikan Anak di Taman Pendidikan
Alqur’an Al-Ikhlas Surabaya? (2) Apa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen
Kurikulum Pendidikan Anak di Taman Pendidikan Alqur’an Al-Ikhlas Surabaya?
Permasalahan tersebut di bahas melalui deskripsi lapangan yang dilaksanakan di Taman
Pendidikan Alqur’an Al-Ikhlas Surabaya. Penelitian ini menggunakan dengan jenis penelitian
kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Analisis
Manajemen Kurikulum Anak di Taman Pendidikan Alqur’an Al-Ikhlas Surabaya. Untuk
memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan
menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis
dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan
dengan metode triangulasi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di
Taman Pendidikan Alqur’an Al-Ikhlas yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit
kendala antara lain perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi.
Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada
beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala Taman Pendidikan Alqur’an, ustad/zh dan santri
hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidiknya
semaksimal mungkin. (2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil peneliti ini dijadikan
sebagai tambahan reverensi dan dihatapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dan
sempurna tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Suyadi, Fathul Fauzi, Achmad Fahmi, & Mukharil Syach Elrico. (2023). ANALISIS MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK (STUDI KASUS TPQ AL-IKHLAS) SURABAYA. ICO EDUSHA, 2(1), 161–180. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/395