MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH ISLAM TERPADU DARUL FIKRI BOARDING SCHOOL SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya religius yang di kembangkan di
Madrasah Aliyah Islam Terpadu Darul Fikri Boarding School Sidoarjo. Rumusan
masalah yang ingin dijawab dari penelitian ini tentang manajemen kepala madrasah
dalam mengembangkan budaya religius, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam
pengembangan budaya religius di Madrasah Aliyah Islam Terpadu Darul Fikri Boarding
School Sidoarjo.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat studi
pustaka dan studi fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah,
Wakil Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala
Madrasah Bidang Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama dan Peserta didik di Madrasah
Aliyah Islam Terpadu Darul Fikri Boarding School Sidoarjo. Pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengambil data melalui wawancara dan
observasi terkait Manajemen Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Religius
di sekolah ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Islam Terpadu
Darul Fikri Boarding School Sidoarjo telah menerapkan budaya religius yakni budaya
salam, sapa dan salim. Budaya sholat berjama’ah di madrasah, sholat sunnah dhuha dan
puasa sunnah, kajian kitab kuning, hafalan Alquran dan penggunaan bahasa arab.
Adapun faktor pendukung dalam manajemen budaya religius ini adalah madrasah dalam
koridor Pondok Pesantren Darul Fikri memiliki budaya keislaman yang sangat kental dan
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sangat mendukung. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah kehidupan di pondok pesantren bersifat monoton dan keragaman
santri dalam menerapkan budaya religius atau ibadah yang berbeda.