ANALISIS BIAYA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI SATUAN PENDIDIKAN MUADALAH ULYA

Authors

  • Agus Fathrulloh Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi
  • Weni Wahidatun Nufusiah Universitas Kh. Mukhtar Syafaat Blokagung-Banyuwangi

Abstract

Abstract: An important element in implementing education is money for education. It is not possible to separate the financial role from other administrative roles in schools. As a result, it can be said that one of the main problems in managing educational activities is funding. Madrasahs have been able to meet their needs in improving the quality of education thanks to a government program known as school operational assistance funds (BOS). This program allows teachers and students to get recommendations for infrastructure that must keep up with current developments. The aim of this research is to determine the source of financial funds for Muadalah Ulya, the amount of funds allocated for educational infrastructure that supports the teaching and learning process at the Muadalah Ulya Blokagung Education Unit, and to determine the standard of infrastructure at Muadalah Ulya. In this work, case study methodology is combined with qualitative methods. Data collection methods include the use of reports, documents, audiovisual sources, and interview techniques. Simultaneously, data collection, data compression, data presentation, and drawing up conclusions are some of the analytical procedures used. One technique for verifying the correctness of data is triangulation.

Findings: The Muadalah Ulya Education Unit receives student sharia payments every month in addition to funds from the School Operational Assistance (BOS) program for school infrastructure development purposes.

 

Keywords: Education Costs, Infrastructure

 

Abstrak: Elemen penting dalam menerapkan pendidikan adalah uang untuk pendidikan. Tidaklah mungkin untuk memisahkan peran keuangan dari peran administratif lainnya di sekolah. Akibatnya, dapat dikatakan bahwa salah satu permasalahan utama dalam pengelolaan kegiatan pendidikan adalah pendanaan. Madrasah telah mampu memenuhi kebutuhannya dalam meningkatkan mutu pendidikan berkat program pemerintah yang dikenal dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Program ini memungkinkan guru dan siswa mendapatkan rekomendasi infrastruktur yang harus mengikuti perkembangan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber dana keuangan muadalah Ulya, jumlah dana yang dialokasikan untuk infrastruktur pendidikan yang mendukung proses belajar mengajar di Satuan Pendidikan Muadalah Ulya Blokagung, serta untuk mengetahui standar sarana prasarana di Muadalah Ulya. Dalam karya ini, metodologi studi kasus dipadukan dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi penggunaan laporan, dokumen, sumber audiovisual, dan teknik wawancara. Secara bersamaan, pengumpulan data, kompresi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan adalah beberapa prosedur analisis yang digunakan. Salah satu teknik untuk memverifikasi kebenaran data adalah triangulasi.

Temuan: Satuan Pendidikan Mujadi Ulya menerima pembayaran syariah siswa setiap bulan selain dana dari program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk keperluan pembangunan infrastruktur sekolah.

 

Kata Kunci: Biaya Pendidikan, Sarana Prasarana

 

 

ikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6.2 (2021), 117–28 <https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.242>

Eissn, Issn, Daya Saing, and Mangata Coffee, ‘STANDARISASI SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA PARIWISATA BUDAYA DAN KEAGAMAAN IAKN TARUTUNG’, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA, Yogyakarta, Indonesia, 21.1 (2023), 168–69

Fiandi, Arif, ‘Sumber-Sumber Dana Pendidikan’, Jurnal Basicedu, 6.6 (2022), 10414–21 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4391>

H, Herman, and Ahmad Riady, ‘Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep’, SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1.2 (2018), 27 <https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624>

Monita, Dinda Fitri, ‘Artikel Pembiayaan Dalam Pendidikan’, 2011

Shobri, M, and S U Wardaniyah, ‘Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Upt Smp Negeri 19 Gresik’, … Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2023, 31–42 <http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/244>

Sudarmono, Lias Hasibuan, and Kasful Anwar, ‘Pembiayaan Pendidikan’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4.1 (2013), 565–78

  1. P, Ferdi, ‘Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19.4 (2013), 565–78 <https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.310>

Zohriah, Anis, ‘Analisis Standar Sarana Dan Prasarana’, Tarbawi, 1.2 (2015), 53–62

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Agus Fathrulloh, & Weni Wahidatun Nufusiah. (2024). ANALISIS BIAYA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI SATUAN PENDIDIKAN MUADALAH ULYA. ICO EDUSHA, 4(1), 228–242. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/460