Marketing Management Strategies to Enhance the Competitiveness of Educational Institutions in the Digital Era

Authors

  • Ani Faujiah STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo

Keywords:

Marketing Management, Educational Institutions, Digital Era, Manajemen Pemasaran, Lembaga Pendidikan, Era Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi manajemen pemasaran yang dapat diterapkan oleh lembaga pendidikan untuk meningkatkan daya saing di era digital. Dalam era yang semakin dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, pemasaran digital menjadi sangat penting bagi lembaga pendidikan untuk menarik perhatian calon siswa dan meningkatkan reputasi mereka. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber yang relevan mengenai pemasaran digital, strategi manajemen pemasaran, dan daya saing lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran digital, seperti penggunaan media sosial, konten marketing, dan optimisasi mesin pencari (SEO), dapat meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di pasar yang semakin kompetitif.

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Lembaga Pendidikan, Era Digital

References

Abrori, Maskub. "Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Pg/Tk Samarinda." Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education) 3.2 (2015).

Anam, Khoirul. "Strategi Pemasaran Dan Implementasinya Dalam Lembaga Pendidikan." Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 1.2 (2013): 159-170.

Anis Marjukah, S. E. Manajemen Pemasaran Lembaga Paud. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.

Cahyono, Tomy Dwi. "Review Literatur Akademik Tentang Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Terhadap Pilihan Mahasiswa." Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5.11 (2022): 4869-4878.

Chakti, Gunawan. The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. Vol. 1. Celebes Media Perkasa, 2019.

Erlianti, Dila, Et Al. Buku Referensi Msdm: Teori Dan Implementasi Pada Era Digital. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Erwin, Erwin, Et Al. Digital Marketing: Penerapan Digital Marketing Pada Era Society 5.0. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Firdaus, Fahmi Ichsan, And Zia Firdaus Nuzula. "Tinjauan Nilai-Nilai Pemasaran Islam Terhadap Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran Pada Kegiatan Penerimaan Santri Baru." Jurnal Riset Ekonomi Syariah (2023): 35-40.

Fitriyah, Khoirunnisail. "Pemanfaatan Aplikasi Capcut Untuk Pembuatan Konten Pemasaran Pendidikan Di Pondok Pesantren Annur Pungging Mojokerto." Jurnal Abdimas Al Hidayah 2.1 (2024): 1-7.

Habsy, Bakhrudin All. "Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur." Jurnal Konseling Andi Matappa 1.2 (2017): 90-100.

Hakim, Muhammad Nur, And Fahrur Rozi. "Strategi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Animo Masyarakat Terhadap Pendidikan Madrasah." Joiem (Journal Of Islamic Education Management) 5.1 (2024): 28-45.

Hobir, Abdul, And Fauzan Fauzan. "Konsep Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Islam." Journal Of Education Partner 3.1 (2024): 69-79.

Isa, Muzakar, Et Al. "Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial Mim Pk Wirogunan." Abdi Psikonomi (2023): 77-83.

Jaya, Indra. Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Era Modernisasi (Studi Kasus Di Sd It Baitul Izzah Kota Bengkulu). Diss. Iain Bengkulu, 2019.

Khairi, Ardhi, Et Al. "Penyuluhan Digital Marketing Di Yayasan Pondok Pesantren Modern Yatim Dan Dhuafa Madania Yogyakarta." Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1.3 (2023): 167-174.

Maharani, Shinta. "Analisis Fator-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Return On Investment (Studi Pada Lembaga Keuangan Syariah “Kita” Desa Demangan Kecamatan Siman)." Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam 12.1 (2018): 113-127.

Manurung, Junita, And Harlyn L. Siagian. "Membangun Brand Image Sebagai Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Lembaga Pendidikan." Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan 7.2 (2021): 365-381.

Media Sosial Memungkinkan Lembaga Pendidikan Untuk Berinteraksi Langsung Dengan Calon Siswa, Memperkenalkan Program-Program Unggulan, Serta Memberikan Gambaran Tentang Kehidupan Kampus.

Mubarok, Moch Zakki. "Efektivitas Branding Dalam Meningkatkan Reputasi Lembaga Pendidikan Islam." Jurnal Kompetensi Ilmu Sosial 3.1 (2024): 25-35.

Muid, Abdul, Bustanul Arifin, And Amrulloh Karim. "Peluang Dan Tantangan Pendidikan Pesantren Di Era Digital (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik)." Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi 11.1 (2024): 512-530.

Ningsih, Dewi Handayani Untari, Et Al. "Model Serach Engine Optimization (Seo) Bagi Umkm Untuk Meningkatkan Popularitas Dan Pengunjung Website." Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer) 11.3 (2022): 415-422.

Nurhidayah, Ai Enung. "Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Dan Mutu Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Manajemen Pendidikan." Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2.2 (2022): 107-117.

Nurmalasari, Neneng, And Imas Masitoh. "Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial." Journal Of Management Review 4.3 (2020): 543-548.

Prabowo, Agung, Et Al. "Pelatihan Literasi Pemasaran Digital: Pembuatan Konten Visual Dan Penyusunan Copywriting." Jurnal Abdimas Indonesia 4.3 (2024): 1119-1126.

Rahman, Wahyudin, Et Al. "Eksplorasi Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Sukses Dalam Meningkatkan Interaksi Merek Dengan Konsumen Di Era Digital." Management Studies And Entrepreneurship Journal (Msej) 5.1 (2024): 355-363.

Rani, Samsul. "Transformasi Komunikasi Dakwah Dalam Era Digital: Peluang Dan Tantangan Dalam Pendidikan Islam Kontemporer." Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584) 4.1 (2023): 207-216.

Santoso, Agung, Dwi Lesno Panglipursari, And Abu Amar Fikri. "Strategi Pemasaran Menggunakan Iklan Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization)." Iqtishadequity Jurnal Manajemen 6.2 (2024): 162-167.

Sari, Ovi Hamidah, Et Al. Digital Marketing: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Sholeh, Muh Ibnu. "Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi Dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia." Aksi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.3 (2023): 192-222.

Siregar, Awaluddin, And Abdul Rasyid. "Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Brand Image Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah Uinsu." Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 6.1 (2024): 728-739.

Susanto, Graciella, Et Al. "Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9.22 (2023): 483-491.

Tsani, Iskandar, Rofik Efendi, And Sufirmansyah Sufirmansyah. "Evaluasi Kesiapan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Dalam Menghadapi Era Digital." Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 9.1 (2020): 019-033.

Wijaya, Naufal Ariq, And Ade Eviyanti. "Optimization Of Digital Platforms As Part Of Seo-Based Digital Marketing Strategy To Appear On Google." Procedia Of Engineering And Life Science 7 (2024): 380-390.

Wijaya, Naufal Ariq, And Ade Eviyanti. "Optimization Of Digital Platforms As Part Of Seo-Based Digital Marketing Strategy To Appear On Google Optimasi Platform Digital Sebagai Bagian Dari Strategi Digital Marketing Berbasis Seo Untuk Muncul Di Google."

Wiyasa, Andri, And Supriyadi Supriyadi. "Inovasi Strategi Pemasaran Menggunakan Digital Marketing Pada Mis Abdurrahman Di Kota Bandung." Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan 12.2 (2024): 331-338.

Wulandari, Putri, And Hendra Riofita. "Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand Awareness Dan Reputasi Bisnis." Esensi Pendidikan Inspiratif 6.2 (2024).

Zulaika, Siti, And A. Wathon. "Efisiensi Promosi Lembaga Menggunakan Blogspot." Sistim Informasi Manajemen 5.2 (2022): 105-114.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Faujiah, A. (2024). Marketing Management Strategies to Enhance the Competitiveness of Educational Institutions in the Digital Era. ICO EDUSHA, 5(1), 1–22. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/488