Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di MTs Hidayatul Muta’allimin Wonoayu Sidoarjo

Authors

  • Muhamad Ripin Ikwandi STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO

Abstract

Peran pendidikan sangat dibutuhkan bagi kehidupan, maka pendidikan  harus dilaksanakan sebaik-baiknya sehingga  dapat memperoleh hasil yang di harapkan madrasah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan tempat yang paling memungkinkan seseorang meningkatkan pengetahuan. Madrasah membentuk siswa untuk belajar dengan disiplin, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya kemampuan belajar siswa. Sebagaimana uraian diatas, peneliti mengamati bahwa apabila tata tertib atau peraturan akan dijalankan dengan baik oleh semua unsur pendidikan (guru, murid, kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan) maka akan dapat memberikan pengaruh positif pada prestasi belajar siswa. Dari latar belakang di atas, maka penulis ingin mengetahui tingkat disiplin siswa, hasil pembentukan disiplin siswa dalam kaitanya dengan peningkatan prestasi belajar dan pengaruh disiplin siswa terhadap peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif yang beertujuan menggambarkan tingkat kedisiplinan dan hubungannya dengan prestasi. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa dari kelas VII dan VIII MTs Hidayatul Muta’allimin Wonoayu Sidoarjo  dan diambil secara purpossive sampling dan dilengkapi dengan hasil observasi terhadap guru yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Analisa data secara deskriptif dilakukan dengan distribusi frekuensi dan tingkat hubungan diukur dengan korelasi Rank Spearman  dan koefisien kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa lebih banyak tergolong sedang, dan ada hubungan yang signifikan antara tingkat kedisiplinan dan prestasi yang dihasilkan. Diperoleh koefisien korelasi Spearman  sebesar 0,465 (lebih besar dari rstabel = 0,306) dan koefisien kontingensi sebesar 0,684. Upaya pembinaan yang dilakukan oleh para guru dengan menegakkan secara ketat peraturan sekolah tentang kediplinan perlu dipertahankan

 

Kata Kunci: Kedisiplinan, Prestasi Belajar

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Ikwandi, M. R. . (2021). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di MTs Hidayatul Muta’allimin Wonoayu Sidoarjo . ICO EDUSHA, 1(1), 61–77. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/84