Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Siswa Tahfidzul Qur`an di MA Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi

Authors

  • Nur Hidayati Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi
  • Yustica Anny Wijayanti Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui permasalahan tentang upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu hafalan siswa program kelas unggulan Tahfidzul Qur`an di Madrasah Aliyah Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi dan mengetahui problematika dalam menghafal Al-Qur`an beserta solusinya.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, serta menggunakan teknik keabsahan data triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Dalam meningkatkan mutu hafalan siswa, kepala madrasah memberikan bimbingan, motivasi, latihan-latihan, fasilitas pendukung, serta evaluasi untuk siswa Tahfidzul Qur`an di MA Al Amiriyyah. (2) Adapun problematika dalam menghafal Al-Qur`an yakni: hawa nafsu, manajemen waktu, permasalahan mood, hati dan malas. Dari problem tersebut menemukan solusinya yakni tidak banyak makan, mengurangi tidur, mengatur jadwal harian, menempel jadwal serta perbanyak berdzikir kepada Allah Swt.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Mutu Hafalan Al-Qur`an

References 

Abdulwaly, Cece. 2017. Mitos-Mitos Metode Menghafal Al-Qur’ãn Yogyakarta: Laksana.

Afifuddin, Beni Ahmad Saebani. 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia.

Ahsin W. 2000.Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’ãn. Jakarta: Bumi aksara.

Ahmad, bin Hasan bin. Hamam Hasan. 2008. Menghafal Al-Qur’ãn itu Mudah, Jakarta: Pustaka At-Tazkia.

Arikunto, Suharsimi. & Safruddin, Cepi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Surakarta: Pustaka Setia.

Deming, W. Edwards. 1982. Guide To Quality Control. Cambridge: Massachussets Institute Of Technology.

Effendi Nur. 2017.  Islamic Educational Leadership, Depok  sleman Yogyakarta:  kalimedia.

Hari, Sudradjat. 2004.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Izzah, Atina Balqis. 2020. Menjadi Kekasih Al-qur`an. Jakarta: PT Elex Media komputindo.

Mubarok, Zaky. 2001.  Akidah Islam, Yogyakarta: UII Press.

Mulyasa. 2018. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung : PT remaja Rosdakarya.

Sa`dullah. 2008.  9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’ãn , Jakarta: Gema Insani.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.                                                 

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Hidayati, N. ., & Wijayanti, Y. A. . (2022). Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Hafalan Siswa Tahfidzul Qur`an di MA Al Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. ICO EDUSHA, 2(1), 243–263. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id/index.php/prd/article/view/184